PEMANFAATAN LIMBAH SEKAM PADI DAN KOTORAN SAPI DALAM PEMBUATAN BIOGAS MENGGUNAKAN ALAT ANAEROBIC BIODIEGESTER (Utilization Of Waste Rice Husk and Cow Manure in Biogas Production Using Anaerobic Biodiegester Tools)

FRANTHENA, ALLOYSIUS ANDRE (2015) PEMANFAATAN LIMBAH SEKAM PADI DAN KOTORAN SAPI DALAM PEMBUATAN BIOGAS MENGGUNAKAN ALAT ANAEROBIC BIODIEGESTER (Utilization Of Waste Rice Husk and Cow Manure in Biogas Production Using Anaerobic Biodiegester Tools). Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF (BAB VII) - Published Version
18Kb
[img]PDF (BAB VI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

90Kb
[img]PDF (BAB V) - Published Version
Restricted to Repository staff only

42Kb
[img]PDF (BAB IV) - Published Version
Restricted to Repository staff only

73Kb
[img]
Preview
PDF (BAB III) - Published Version
15Kb
[img]
Preview
PDF (BAB II) - Published Version
55Kb
[img]
Preview
PDF (BAB I) - Published Version
16Kb
[img]
Preview
PDF (COVER) - Published Version
36Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Published Version
19Kb
[img]
Preview
PDF (LAMPIRAN) - Published Version
249Kb

Abstract

Biogas adalah gas mudah terbakar dengan CH4 sebagai komponen utama yang dihasilkan dari proses penguraian bahan-bahan organik oleh mikroorganisme pada kondisi anaerob. Biogas merupakan bahan bakar yang dapat diperbaharui dan ramah lingkungan, sehingga cocok digunakan sebagai salah satu solusi kelangkaan energi yang terjadi dewasa ini. Biogas ini dihasilkan dengan menggunakan reaktor yang biasa disebut digester atau biodiegester. Reaktor ini selain mudah dibuat dan dioperasikan, juga cocok digunakan untuk skala rumah tangga ataupun skala yang lebih besar. Bahan untuk pembuatan biogas menggunakan bahan organik yang memiliki kandungan C/N tinggi, dalam proses fermentasi anaerob, reaksi akan berlangsung optimum bila rasio C : N bernilai 30 : 1, dimana jumlah karbon 30 kali dari jumlah nitrogen. Salah satunya adalah limbah sekam padi dan kotoran sapi. Sekam padi banyak dijumpai dipasar di wilayah pertanian, limbah pertanian ini dapat mengganggu lingkungan. Sekam padi dan kotoran sapi, kedua bahan tersebut dapat digunakan secara sendiri-sendiri maupun dalam bentuk campuran. Penambahan Effective Microorganism (EM) dapat membuat proses pembentukan biogas semakin cepat. EM merupakan kultur campuran dari organisme menguntungkan yang dikembangbiakkan secara laboratorium, yang dapat digunakan untuk mempercepat proses pembentukan biogas. Hari pertama dihasilkannya gas metan adalah hari ke-12 karena gas yang terbentuk berwarna biru serta sudah terdapat kalor gas sebesar 209,58 Joule.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:45408
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Apr 2015 09:51
Last Modified:13 Apr 2015 10:35

Repository Staff Only: item control page