PENGARUH PEMBERIAN JUS MENTIMUN (Cucumis sativus l) TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI WANITA USIA 40-60 TAHUN

Aisyah, Aisyah and Probosari, Enny (2014) PENGARUH PEMBERIAN JUS MENTIMUN (Cucumis sativus l) TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI WANITA USIA 40-60 TAHUN. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Accepted Version
557Kb

Official URL: http://expocpnsbumn.blogspot.com/

Abstract

Latar Belakang : Hipertensi merupakan masalah kesehatan yang perlu diperhatikan karena angka prevalensinya yang tinggi dan akibat jangka panjang yang ditimbulkannya. Kejadian hipertensi meningkat pada usia 40-60 tahun dan lebih banyak terjadi pada wanita. Mentimun (Cucumis sativus l) mengandung kalium, kalsium, dan magnesium yang bekerja berkebalikan dengan natrium yang mempunyai efek terhadap penurunan tekanan darah. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh jus mentimun (Cucumis sativus l) terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi wanita usia 40-60 tahun. Metode : Penelitian ini menggunakan 30 subjek dengan metode Pre and Post Test Control Groups Design dengan subjek wanita yang berusia 40-60 tahun yang tinggal di pemukiman Kelurahan Jomblang Semarang dan menderita hipertensi. Pengambilan subjek menggunakan metode kuota sampling. Tekanan darah sistolik dan diastolik diukur menggunakan sphygmomanometer. Data asupan natrium, kalium, kalsium dan magnesium diperoleh melalui kuesioner food recall. Data IMT diperoleh dari pengkuran berat badan dibandingkan dengan tinggi badan yang diukur menggunakan timbangan digital dan microtoise. Data dianalisis menggunakan uji Paired t test pada data yang berdistribusi normal dan uji Wilcoxon pada data yang berdistribusi tidak normal Hasil : terdapat penurunan yang bermakna pada tekanan darah sistolik (p = 0,000) dan tekanan darah diastolik (p = 0,002) kelompok perlakuan. Setelah konsumsi jus mentimun, tekanan darah sistolik kelompok perlakuan mengalami penurunan 16,00 + 8,062 SD mmHg dan diastolik menurun 6,67 + 6,726 SD mmHg. Simpulan : Pemberian jus mentimun mampu menurunkan tekanan darah sitolik dan diastolik pada penderita hipertensi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:tekanan darah, jus mentimun, hipertensi
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:45346
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:01 Apr 2015 13:58
Last Modified:01 Apr 2015 13:58

Repository Staff Only: item control page