PENGARUH PEMBERIAN PUDING KACANG MERAH (Vigna angularis) TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH PUASA, TEKANAN DARAH DAN LINGKAR PINGGANG OBESITAS HIPERTENSI DAN NON-HIPERTENSI PADA REMAJA PUTRI

Nuryanti, Rita and Rahayuningsih, Hesti Murwani (2014) PENGARUH PEMBERIAN PUDING KACANG MERAH (Vigna angularis) TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH PUASA, TEKANAN DARAH DAN LINGKAR PINGGANG OBESITAS HIPERTENSI DAN NON-HIPERTENSI PADA REMAJA PUTRI. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Accepted Version
537Kb

Official URL: http://expocpnsbumn.blogspot.com/

Abstract

Latar Belakang : Sindrom metabolik adalah kumpulan kelainan metabolik yang dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Kacang merah merupakan bahan makanan sumber serat dan berindeks glikemik rendah. Arginin merupakan asam amino semiessential dalam kacang merah sebagai substrat untuk pembentukan NO dapat mengontrol tekanan darah dan memicu pelepasan insulin dari pankreas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh puding kacang merah (Vigna angularis) terhadap kadar glukosa darah puasa, tekanan darah dan lingkar pinggang obesitas hipertensi non-hipertensi pada remaja putri Metode : Jenis penelitian adalah pra-eksperimental (the one group pretest-posttest design). Subjek penelitian adalah siswi kelas X dan XI SMA Negeri 2 Semarang dengan IMT ≥ persentil ke-95 grafik persentil IMT untuk perempuan umur 2-20 tahun, kadar glukosa puasa ≥100 mg/dl, tekanan darah sistolik 120-130 mm Hg dan diastolik 80-89 mm Hg, lingkar pinggang ≥80 cm. Kelompok obesitas hipertensi dan obesitas non-hipertensi mendapat puding kacang merah sebanyak 50 gram/hari selama 14 hari. Metode enzymatic colorimetric digunakan untuk menganalisis kadar glukosa darah puasa setelah subjek berpuasa ± 10-12 jam. Tekanan darah diperiksa menggunakan Sphygmomanometer air raksa. Lingkar pinggang diukur menggunakan pita ukur/metlin. Uji normalitas menggunakan Shapiro Wilk. Analisis statistik menggunakan dependent t-test, Wilcoxon, independent t-test dan Mann Whitney. Hasil : Kelompok obesitas hipertensi tidak mengalami penurunan kadar GDP (p=0.210) dan tekanan darah sistolik (p=0.157). Kelompok obesitas non-hipertensi mengalami penurunan kadar GDP (p=0.021) sebesar 6.33 ± 4.67 mg/dl dan tekanan darah sistolik (p=0.046) sebesar 6.67 ± 5.16 mmHg. Kelompok obesitas hipertensi dan non-hipertensi tidak mengalami penurunan lingkar pinggang (p=0.165;p=0.073). Secara statistik, tidak terdapat perbedaan perubahan kadar GDP (p=0.147), tekanan darah sistolik (p=0.096), tekanan darah diastolik (p=0.866) dan lingkar pinggang (p=0.924) antara kelompok obesitas hipertensi dan non-hipertensi. Kesimpulan : Ada pengaruh puding kacang merah terhadap kadar GDP dan tekanan darah sistolik pada kelompok obesitas non-hipertensi. Tidak ada pengaruh puding kacang merah terhadap kadar GDP dan tekanan darah sistolik pada kelompok obesitas hipertensi. Tidak ada pengaruh puding kacang merah terhadap tekanan darah diastolik dan lingkar pinggang pada kelompok obesitas hipertensi dan obesitas non-hipertensi. Tidak ada perbedaan kadar GDP, tekanan darah sistolik tekanan darah diastolik dan lingkar pinggang antara kelompok obesitas hipertensi dan kelompok obesitas non-hipertensi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:obesitas, hipertensi, puding, kacang merah, glukosa darah puasa, tekanan darah, lingkar pinggang
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:45251
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:05 Mar 2015 14:37
Last Modified:05 Mar 2015 14:37

Repository Staff Only: item control page