HUBUNGAN FREKUENSI KUNJUNGAN ANC (ANTE NATAL CARE) DENGAN RIWAYAT PEMBERIAN ASI PADA BAYI USIA 6 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MOPAH KABUPATEN MERAUKE PROPINSI PAPUA

Kirimunun, Maria Pangkrasia and Noer, Etika Ratna (2014) HUBUNGAN FREKUENSI KUNJUNGAN ANC (ANTE NATAL CARE) DENGAN RIWAYAT PEMBERIAN ASI PADA BAYI USIA 6 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MOPAH KABUPATEN MERAUKE PROPINSI PAPUA. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Accepted Version
337Kb

Official URL: http://expocpnsbumn.blogspot.com/

Abstract

Latar Belakang: ASI bermanfaat untuk kesehatan bayi. Namun saat praktiknya masih rendah. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2010 menunjukkan, bayi yang mendapatkan ASI Eksklusif di Indonesia hanya 15,3%. Penyebab rendahnya pemberian ASI Eksklusif di Indonesia adalah faktor sosial budaya dan kurangnya pengetahuan ibu hamil, keluarga dan masyarakat. Tujuan: Mengetahui hubungan frekuensi kunjungan ANC (Ante Natal Care) dengan riwayat pemberian ASI pada bayi usia 6 bulan di wilayah kerja Puskesmas Mopah Kabupaten Merauke, Propinsi Papua. Metode: Penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional dan subjek adalah ibu menyusui. Data karakteristik subjek, frekuensi kunjungan ANC dan riwayat pemberian ASI diperoleh melalui kuesioner. Subjek sebanyak 30 ibu diperoleh dengan cara purposive sampling. Data dianalisis secara kuantitatif dan menggunakan uji chi square. Hasil: Hasil univariat menunjukkan frekuensi kunjungan ANC tidak mempunyai hubungan yang bermakna dengan riwayat pemberian ASI pada bayi usia 6 bulan (p=0,713). Pengetahuan dan budaya merupakan penyebab yang masih mendukung ibu untuk tidak melakukan pemberian ASI Eksklusif. Simpulan: Frekuensi kunjungan ANC tidak berhubungan dengan riwayat pemberian ASI pada bayi usia 6 bulan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kunjungan ANC, Pemberian ASI
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:45249
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:05 Mar 2015 14:25
Last Modified:05 Mar 2015 14:25

Repository Staff Only: item control page