PERBEDAAN PENGETAHUAN GIZI, BODY IMAGE, ASUPAN ENERGI DAN STATUS GIZI PADA MAHASISWI GIZI DAN NON GIZI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Bening, Salsa and Margawati, Ani (2014) PERBEDAAN PENGETAHUAN GIZI, BODY IMAGE, ASUPAN ENERGI DAN STATUS GIZI PADA MAHASISWI GIZI DAN NON GIZI UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Accepted Version
611Kb

Official URL: http://expocpnsbumn.blogspot.com/

Abstract

Latar Belakang: Sebesar 8.7% penduduk usia >18 tahun mengalami gizi kurang. Hal ini menunjukkan bahwa permasalahan gizi di Indonesia masih menjadi masalah kesehatan utama. Pada periode remaja hingga dewasa, seseorang memerlukan asupan gizi yang seimbang. Akan tetapi karena adanya keinginan memiliki tubuh yang ideal menyebabkan periode tersebut rentan terhadap pembatasan asupan makan. Pengetahuan yang baik mengenai gizi dapat mempengaruhi asupan makan seseorangan sehingga akan berdampak pula terhadap status gizinya. Tujuan: Mengetahui perbedaan pengetahuan gizi, body image, asupan energi, dan status gizi pada mahasiswi gizi dan non gizi Universitas Diponegoro. Metode: Jenis penelitian cross sectional yang dilakukan pada 80 mahasiswi semester 4 di Fakultas Kedokteran dan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Data yang diambil adalah data mengenai identitas diri, dan kuesioner yang meliputi pengetahuan gizi, body image, asupan energi yang diperoleh dari recall 3x24 jam, serta status gizi yg diperoleh dari berat badan dan tinggi badan. Analisa data menggunakan uji beda Mann Whitney antara kelompok mahasiswi gizi dan mahasiswi non gizi. Hasil: Sebanyak 80 subjek mahasiswi usia 19-21 tahun, terdiri dari 40 mahasiswi gizi dan 40 mahasiswi non gizi. Rerata skor pengetahuan gizi pada mahasiswi gizi sebesar 91.375 ± 7.069, sedangkan non gizi sebesar 66.625 ± 14.909. Rerata skor body image pada mahasiswi gizi sebesar 82.200 ± 23.848, sedangkan non gizi sebesar 86.975 ± 32.506. Sebesar 60% dari keseluruhan subjek belum memiliki asupan energi cukup dan sebesar 67.5% dari keseluruhan subjek memiliki status gizi yang baik. Uji beda: pengetahuan gizi (p=0.00), body image (p=0.155), asupan energi (p=0.162), dan status gizi (p=0.34). Simpulan: Terdapat perbedaan pengetahuan gizi yang bermakna antara kelompok mahasiswi gizi dan non gizi. Sedangkan tidak terdapat perbedaan yang bermakna pada body image, asupan energi dan status gizi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:pengetahuan gizi, body image, asupan energi, status gizi
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:45235
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Mar 2015 15:46
Last Modified:04 Mar 2015 15:46

Repository Staff Only: item control page