Hubungan Kecukupan Asupan Zat Besi dan Kadar Timbal Darah dengan Kadar Hemoglobin Anak Jalanan Usia Kurang dari 8 Tahun di Kawasan Pasar Johar Semarang

Ati, Putri Wohing and Murbawani, Etisa Adi (2014) Hubungan Kecukupan Asupan Zat Besi dan Kadar Timbal Darah dengan Kadar Hemoglobin Anak Jalanan Usia Kurang dari 8 Tahun di Kawasan Pasar Johar Semarang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Submitted Version
617Kb

Official URL: http://expocpnsbumn.blogspot.com/

Abstract

Latar Belakang: Kadar timbal dalam udara mempunyai pengaruh terhadap kadar timbal dalam darah seseorang yang beraktivitas tinggi di jalanan, seperti pada anak jalanan. Kadar timbal dalam darah yang tinggi dapat mengganggu proses eritropoesis dan adanya gangguan sintesis heme yang diakibatkan oleh akumulasi timbal akan semakin buruk bila kecukupan zat besi tubuh tidak terpenuhi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecukupan asupan zat besi dan kadar timbal dengan kadar hemoglobin responden. Metode: Desain penelitian Cross Sectional pada 19 anak jalanan di kawasan Pasar Johar, Semarang. Responden dipilih secara purposive sampling. Data kecukupan asupan zat besi diperoleh dari wawancara dengan responden dan orangtua menggunakan kuesioner Food Frequency Questioner Semi kuantitatif dan dianalisis menggunakan Nutrisoft. Kadar timbal dianalisis menggunakan metode AAS (Atomic Absorption Spectrophotometer) dengan kategori tinggi (>10µg/dL) dan sangat tinggi (>40µg/dL). Kadar hemoglobin dianalisis dengan metode cyanmethemoglobin dengan standar berdasarkan kelompok usia yaitu 6 bulan -5 tahun tergolong normal jika >11 gr/dl dan 6-11 tahun >11,5 gr/dl. . Hasil: Sebagian besar responden (64,8%) mengonsumsi zat besi kurang dari angka kecukupan. Kadar Hb pada 6 responden (31,8%) tergolong rendah. Kadar timbal responden sebanyak 73,7% tergolong tinggi, dan 26,3% tergolong sangat tinggi. Ada korelasi antara kecukupan asupan zat besi ddengan kadar hemoglobin (r=0,580;p=0,009) dan ada korelasi antara kadar timbal dengan kadar hemoglobin (r=-0,552 ;p=0,014). Simpulan: Ada hubungan antara kecukupan asupan zat besi dan kadar timbal dengan kadar hemoglobin anak jalanan usia kurang dari 8 tahun di Kwasan Pasar Johar, Semarang.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Kecukupan asupan zat besi, kadar timbal, kadar hemoglobin, anak jalanan
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:45191
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Mar 2015 14:52
Last Modified:02 Mar 2015 14:52

Repository Staff Only: item control page