REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM PUSARAN KORUPSI PADA SAMPUL MAJALAH BERITA MINGGUAN TEMPO

Sinung, Utami Hasri Habsari (2013) REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM PUSARAN KORUPSI PADA SAMPUL MAJALAH BERITA MINGGUAN TEMPO. Masters thesis, Postgraduate Program in Communication Studies.

[img]
Preview
PDF - Published Version
114Kb
[img]
Preview
PDF
614Kb
[img]
Preview
PDF
86Kb
[img]
Preview
PDF
609Kb

Abstract

ABSTRAKSI Media massa merupakan sarana untuk mengkonstruksi berbagai realita di masyarakat termasuk realitas tentang perempuan. Perubahan sosial sebagai akibat globalisasi dunia berimbas pada pola pikir tentang perempuan yang mulai mendapatkan tempat dan posisi di ruang publik. Media pun mulai menyajikan realita peran perempuan di ruang publik. Meskipun peran perempuan di ruang publik mulai meluas, tetap saja sebagian besar relita media massa menempatkan perempuan disubordinasikan pada peran laki-laki. Demi kepentingan bisnis, media memungkinkan perempuan untuk menjadi ajang display meraih pasar dan profit. Ketika media massa ramai memberitakan kasus korupsi yang melibatkan perempuan, terjadi pula visualisasi perempuan dengan stereotype dan komodifikasi untuk menarik pembaca. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Majalah Berita Mingguan Tempo merepresentasikan beberapa perempuan yang terlibat dalam pusaran kasus korupsi dan mengidentifikasi perbedaannya. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode semiotika komunikasi visual. Representasi perempuan yang terkait korupsi dalam sampul Majalah Berita Mingguan Tempo menunjukkan penggambaran yang variatif walau pada umumnya mengikuti pola male gaze. Tidak selamanya teks visual dalam sampul Majalah berita Mingguan Tempo terkait dengan artikel yang menjadi Topik Laporan Utama. Visualisasi tokoh pada sampul ini menunjukkan inkonsistensi terkait isi artikel laporan utamanya, mengandung unsur distorsi informasi, pembunuhan karakter, dan eksploitasi seks. Penyimpangan ini dimungkinkan sengaja dilakukan karena visualisasi sampul sangat menarik khalayak untuk membeli majalah tersebut. Fakta dan peristiwa yang dilaporkan dalam laporan utama dikemas dan diubah menjadi elemen-elemen visualisasi yang menarik di dalam sampul agar memiliki nilai transaksi dan nilai lebih di pasar media (komodifikasi). Efek dramatisasi figural dalam representasi negatif perempuan-perempuan yang terlibat dalam pusaran kasus korupsi seakan dianggap menjadi hal yang lumrah. Penciptaan kedudukan yang setara sangat diperlukan dengan menampilkan visualisasi alternatif tentang laki-laki dan perempuan Kata Kunci : Representasi, Perempuan, Korupsi, Sampul, Majalah Berita Mingguan Tempo ABSTRACT Mass media has risen to a dominant position in the institutional network of society primarily because of its role in constructing reality which the key positions in the community for males, leaving women at the periphery. Social change due to globalization of economic influences the opinion about femininity. Women were considered to step forward in public sphere. Even woman found recently in the public sphere, and have a significant presence in the public domain, media still constructing women in subordinating position to men. In the bussines interest women positioned as the display to yield profit and audiences. At the moment media reported the case of corruption , it commodified and visualized the the image of women stereotypically to attract the attention of audiences. This study was descriptive qualitative. The objective of study is to find out how the media represented the image of women corruptor and interpreted by which of socially accepted behaviors used visual semiotic analysis The representation of women corruptor in the cover of Tempo Magazine were vary but still in the way of male gaze. The visualization in the cover didn’t always reflect the prominent report of this magazine. The image of women corruptor were indicated the character assassination, sexual harassment and reincorfed in gender stereotypes become a product produced to draw the audience and for a profit. Mass media constructed the reality through the lenses of visual elements and transformed the corruption case into marketable product. Figural dramatic effect in women representation reinforced in gender stereotypes which are disseminated and presented as being real. The balance gender position must be taken into consideration in media by creating alternative image of women and men. Keywords : Representation, Woman, Corruption, Cover, Tempo Magazine.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Communication Science
ID Code:45188
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Feb 2015 19:18
Last Modified:16 Dec 2015 17:00

Repository Staff Only: item control page