PRODUKSI BIODIESEL MELALUI PROSES TRANSESTERIFIKASI MINYAK CURAH DENGAN METODE DISTILASI REAKTIF BERDASARKAN RATIO UMPAN (The Biodiesel Production through Transesterifikasi Process from Bulk Oil Using Reactive Distillation is based on the Ratio of Feed)

SA’ADI, SUKRON (2015) PRODUKSI BIODIESEL MELALUI PROSES TRANSESTERIFIKASI MINYAK CURAH DENGAN METODE DISTILASI REAKTIF BERDASARKAN RATIO UMPAN (The Biodiesel Production through Transesterifikasi Process from Bulk Oil Using Reactive Distillation is based on the Ratio of Feed). Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF (BAB I) - Published Version
161Kb
[img]
Preview
PDF (COVER, DAF ISI DLL) - Published Version
292Kb
[img]
Preview
PDF (BAB II) - Published Version
320Kb
[img]
Preview
PDF (BAB III) - Published Version
84Kb
[img]PDF (BAB IV) - Published Version
Restricted to Repository staff only

204Kb
[img]PDF (BAB V) - Published Version
Restricted to Repository staff only

329Kb
[img]PDF (BAB VI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

249Kb
[img]
Preview
PDF (BAB VII) - Published Version
178Kb
[img]
Preview
PDF (DAF PUSTAKA)
223Kb
[img]
Preview
PDF (LAMP GRAFIK) - Published Version
707Kb
[img]
Preview
PDF (LAMP PERHITUNGAN) - Published Version
463Kb

Abstract

Pembuatan Biodiesel berdasarkan rasio umpan yang berupa minyak dan metanol dengan bantuan katalis basa yakni NaOH. Rasio yang digunakan yaitu rasio volume minyak dan metanol dengan perbandingan 1 : 3 ; 1 : 3,5 dan 1 : 4. Tujuan dari pengaruh rasio umpan yakni untuk mengetahui kuantitas dan kualitas hasil produk paling optimum dari rasio umpan yang digunakan. Alat yang digunakan dalam pembuatan biodiesel adalah distilasi reaktif. Distilasi reaktif yaitu alat yang mengkombinasikan antara distilasi dan reaksi dalam satu unit kolom. Dalam pembuatan biodiesel menggunakan alat distilasi reaktif dengan 3 variabel yang masing-masing prosesnya dilakukan selama 6 menit pada suhu 65 ˚C. Setelah 6 menit kemudian diambil produk bawahnya dan dipisahkan dengan gliserol sehingga hanya didapatkan produk biodieselnya. Setelah dilakukan uji analisa pada biodiesel, diperoleh biodiesel dari masing-masing variabel sebesar 1480 ml, 1590 ml dan 1630 ml. Biodiesel tersebut menghasilkan rendemen masing masing variabel sebanyak 100 %, densitas sebesar 0,82 gr/ml ; 0,81 gr/ml dan 0,80 gr/ml. Viskositas sebesar 11,88 cp ; 10,75 cp dan 10,45 cp. Dari data tersebut kualitas biodiesel yang paling baik yaitu pada variabel pertama (1 : 3), dikarenakan juga bila ditinjau dari tinggi api pada variabel pertama menghasilkan nyala api yang paling tinggi dari pada variabel yang lain. Kata Kunci : Biodiesel, Distilasi Reaktif, Rasio Umpan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:45134
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Feb 2015 11:10
Last Modified:09 Feb 2015 11:12

Repository Staff Only: item control page