PROSES TRANSESTERIFIKASI MINYAK CURAH DENGAN METODE DISTILASI REAKTIF UNTUK PRODUKSI BIODIESEL BERDASARKAN RASIO UMPAN (The Transesterifikasi Process from Bulk Oil using Reactive Distillation to Biodiesel Production is based on the ratio of feed)

FITRIYANI, AIM LAELI (2015) PROSES TRANSESTERIFIKASI MINYAK CURAH DENGAN METODE DISTILASI REAKTIF UNTUK PRODUKSI BIODIESEL BERDASARKAN RASIO UMPAN (The Transesterifikasi Process from Bulk Oil using Reactive Distillation to Biodiesel Production is based on the ratio of feed). Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF (BAB I) - Published Version
9Kb
[img]
Preview
PDF (BAB II) - Published Version
103Kb
[img]
Preview
PDF (BAB III) - Published Version
5Kb
[img]PDF (BAB IV) - Published Version
Restricted to Repository staff only

147Kb
[img]PDF (BAB V) - Published Version
Restricted to Repository staff only

72Kb
[img]PDF (BAB VI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

115Kb
[img]
Preview
PDF (BAB VII) - Published Version
58Kb
[img]
Preview
PDF (COVER, DAF ISI DLL) - Published Version
74Kb
[img]
Preview
PDF (DAF PUSTAKA)
11Kb

Abstract

Pembuatan Biodiesel berdasarkan rasio umpan yang berupa minyak dan methanol dengan bantuan katalis basa yakni NaOH. Rasio yang digunakan yaitu rasio volume minyak dan methanol dengan perbandingan 1 : 4,5 ; 1 : 5 dan 1 : 6. Tujuan dari pengaruh rasio umpan yakni untuk mengetahui kuantitas dan kualitas hasil produk paling optimum dari rasio umpan yang digunakan. Alat yang digunakan dalam pembuatan biodiesel adalah distilasi reaktif. Distilasi reaktif yaitu alat yang mengkombinasikan antara distilasi dan reaksi dalam satu unit kolom.Dalam pembuatan biodiesel menggunakan alat distilasi reaktif dengan 3 variabel yang masing-masing prosesnya dilakukan selama 6 menit pada suhu 65 ˚C. Setelah 6 menit kemudian diambil produk bawahnya dan dipisahkan dengan gliserol sehingga hanya didapatkan produk biodieselnya. Setelah dilakukan uji analisa pada biodiesel, diperoleh biodiesel dari masingmasing variable sebesar 1660 ml, 1680 ml dan 1730 ml. Biodiesel tersebut menghasilkan rendemen masingmasing variable sebanyak 100 %, densitas sebesar 0,80 gr/ml ; 0,78 gr/ml dan 0,77 gr/ml. Viskositas sebesar 10,29 cp ; 9,71 cp dan 9,55 cp. Dari data tersebut kualitas biodiesel yang paling baik yaitu pada variable pertama ( 1 : 4,5 ), dikarenakan juga bila ditinjau dari tinggi api pada variabel pertama menghasilkan nyala api yang paling tinggi dari pada variabel yang lain. Kata Kunci : Biodiesel, Distilasi Reaktif,Rasio Umpan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:45129
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Feb 2015 10:28
Last Modified:09 Feb 2015 10:34

Repository Staff Only: item control page