THE FORM AND FUNCTION OF HYPERBOLIC EXPRESSION IN ONLINE PERFUME ADVERTISMENTS

Voltadewi, Saomi Wahyu (2014) THE FORM AND FUNCTION OF HYPERBOLIC EXPRESSION IN ONLINE PERFUME ADVERTISMENTS. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1878Kb

Abstract

Iklan, sebagai salah satu media komunikasi, memiliki bermacam-macam gaya bahasa yang unik. Salah satunya adalah gaya bahasa hiperbola. Gaya bahasa hiperbola kerap kali digunakan dalam iklan produk kecantikan, terutama dalam iklan parfum. Penulis pun tertarik untuk menganalisis penggunaan hiperbola dalam iklan parfum. Analisis ini difokuskan untuk mencari berbagai bentuk ungkapan hiperbolis yang terkandung pada iklan parfum. Tujuan dari penletitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan bentuk-bentuk ungkapan hiperbolis pada iklan parfum dan mencari tahu mengapa ungkapan hiperbolis digunakan dalam iklan parfum. Data yang digunakan merupakan ekspresi bahasa yang diungkapkan dalam kata-kata, frasa, dan kalimat diiklan parfum. Penulis menggunakan dua metode untuk menaganalisis data, yaitu metode agih dan padan.Metode agih yang digunakan adalah teknik lesap dan induktif. Sedangkan dalam metode padan, penulis menggunakan sub-jenisnya, yaitu metode referensional. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa iklan parfum banyak menggunakan bentuk hiperbola. Bentuk hiperbola yang sering dijumpai pada iklan parfum adalah bentuk single word. Tujuan penggunaan hiperbola dalam iklan adalah untuk membuat iklan lebih menarik, sehingga konsumen memiliki minat yang tinggi untuk membeli produk yang diiklankan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:Faculty of Humanities > Department of English
ID Code:45044
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Jan 2015 12:31
Last Modified:28 Jan 2015 12:31

Repository Staff Only: item control page