Penggunaan Computer Assisted Language Learning Application Berbasis Kearifan Lokal Korea untuk Pembelajar Tingkat Awal Bahasa Korea

PRIHANTORO, PRIHANTORO Penggunaan Computer Assisted Language Learning Application Berbasis Kearifan Lokal Korea untuk Pembelajar Tingkat Awal Bahasa Korea. Korean Studies in Indonesia Vol II no 2 . ISSN 2085-9538

[img]Microsoft Word - Published Version
957Kb

Abstract

Dalam perkembangan pembelajaran bahasa, khususnya di era digital saat ini, komputer menjadi sebuah media pembelajaran yang semakin sering digunakan. Hal ini terbukti dengan banyaknya digitalisasi buku-buku bahasa ataupun kamus elektronik. Paper ini menyodorkan sebuah aplikasi pembelajaran bahasa Korea untuk pembelajar tingkat awal. Dalam pembelajaran, khususnya untuk pembelajar tingkat awal, tingkat dependensi pembelajar terhadap pengajar masih sangat tinggi. Namun tingkat ketergantungan ini bisa dikurangi dengan aplikasi pembelajaran bahasa Korea yang baik. Aplikasi ini memuat soal latihan bahasa Korea tingkat awal dengan berbagai kompetensi kebahasaan: listening, reading, vocabulary, writing dan grammar. Materi aplikasi ini diambil dari dongeng anak-anak Korea dengan beberapa pertimbangan 1) tingkat kemudahan, 2) pengenalan dongeng korea, 3) kearifan lokal. Setelah menggunakan aplikasi ini, sangat disarankan untuk berdiskusi dengan pengajar mengenai nilai-nilai positif yang bisa diambil dari cerita-cerita tersebut, sehingga pembelajaran bahasa dan budaya bisa terjadi secara sekaligus.

Item Type:Article
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:Faculty of Humanities > Department of English
ID Code:44970
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Jan 2015 18:59
Last Modified:07 Jul 2015 09:28

Repository Staff Only: item control page