DISTRIBUSI GEJALA KLINIK PENDERITA SINDROM NEFROTIK BERDASARKAN GAMBARAN HISTOPATOLOGI DI RSUP DR.KARIADI TAHUN 2008-2013

Darmawan S., Yoseph Aditya and Chasani , Shofa and Witjahjo, Bambang (2014) DISTRIBUSI GEJALA KLINIK PENDERITA SINDROM NEFROTIK BERDASARKAN GAMBARAN HISTOPATOLOGI DI RSUP DR.KARIADI TAHUN 2008-2013. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
2764Kb
[img]
Preview
PDF
35Kb
[img]
Preview
PDF
809Kb
[img]
Preview
PDF
10Kb
[img]
Preview
PDF
60Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1233Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

27Kb
[img]
Preview
PDF
8Kb
[img]
Preview
PDF
2147Kb

Abstract

Latar Belakang Sindrom nefrotik memiliki gejala klinik yang bermacam – macam antara lain edema, hipoalbumin, dan proteinuria. Penyakit ini juga memiliki gambaran histopatologi yang beraneka ragam. Menurut Wiguno terdapat gejala klinik yang khas pada masing – masing gambaran histopatologi. Tujuan Mengetahui distribusi gejala klinik penderita sindrom nefrotik berdasarkan gambaran histopatologi. Metode Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Sampel adalah catatan medik dari 31 penderita sindrom nefrotik yang telah dibiopsi dan dirawat di RSUP Dr. Kariadi Semarang periode tahun 2008 – 2013. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Uji statistik menggunakan uji chi-square. Hasil Pada hasil biopsi MCD (Minimal Change Disease) dan MPGN (Membranoproliferative Glomerulonephritis) masing – masing memiliki gejala klinik yang khas yaitu diawali oleh ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas) dan terdapat gangguan lapang pandang. Pada uji chi-square didapatkan pengaruh yang signifikan pada MCD (p=0,002) dan MPGN (p=0,002). Sedangkan, pada hasil biopsi MN (Membranous Nephropathy) dan FSGS (Focal Segmental Glomerulosclerosis) masing – masing memiliki gejala klinik proteinuria dan hematuria. Namun, dari uji chi-square tidak didapatkan pengaruh yang signifikan pada MN (p=0,976) dan FSGS (p=0,129). Kesimpulan Ditemukan adanya gejala klinik yang khas pada MCD dan MPGN. Sedangkan untuk MN dan FSGS tidak ditemukan adanya gejala klinik yang khas. Kata kunci sindrom nefrotik, histopatologi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:44905
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Dec 2014 09:54
Last Modified:18 Dec 2014 09:54

Repository Staff Only: item control page