PERBEDAAN KUALITAS HIDUP PASIEN GERIATRI DI RSUP DR. KARIADI SEMARANG YANG MENDAPAT PERAWATAN GIGI DAN TIDAK MENDAPAT PERAWATAN GIGI

Wijayanti, Wahyu and Hanum, Farichah (2014) PERBEDAAN KUALITAS HIDUP PASIEN GERIATRI DI RSUP DR. KARIADI SEMARANG YANG MENDAPAT PERAWATAN GIGI DAN TIDAK MENDAPAT PERAWATAN GIGI. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
1089Kb
[img]
Preview
PDF
327Kb
[img]
Preview
PDF
339Kb
[img]
Preview
PDF
242Kb
[img]
Preview
PDF
521Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

351Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

277Kb
[img]
Preview
PDF
167Kb
[img]
Preview
PDF
2539Kb

Abstract

Latar Belakang : Seiring dengan proses menua, terjadi perubahan struktur dan fungsi, baik yang disebabkan secara fisiologis maupun patologis, yang kadang kala sulit dibedakan.Proses menua pada daerah orofacial merupakan bagian dari proses menua pada lansia yang mempengaruhi sistem mastikasi.Salah satu masalah kesehatan gigi dan mulut yang sering ditemukan pada lansia adalah kehilangcan gigi sebagian maupun seluruhnya.Dampak dari buruknya kesehatan gigi dan mulut mempengaruhi kehidupan sehari-hari lansia. Lebih lanjut akan mempengaruhi kemampuan mengunyah, berkurangnya indera perasa, bicara, estetik, dan seringkali mengakibatkan terbatasnya kehidupan sosial. Keluhan - keluhan yang muncul ini dapat diperkirakan terdapat perbedaan tingkat kualitas hidup baik yang perawatan gigi dan tidak perawatan gigi. Tujuan :Menjelaskan perbedaan kualitas hidup pada pasien geriatri di RSUP dr. Kariadi Semarang yang mendapat perawatan gigi dan tidak mendapatkan perawatan gigi Metode :penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan belah lintang (cross sectional). Pengambilan sampel dengan metode consecutive sampling. Subjek penelitian adalah lansia berusia > 60 tahun dengan besar sampel 40 responden yaitu 20 kelompok geriatri yang perawatan gigi dan 20 kelompok geriatri yang tidak perawatan gigi. Data yang diperoleh berupa status geriatri yang perawatan gigi dan tidak perawatan gigi (secara subjektif) dan dan kesehatan gigi dan mulut terkait kualitas hidup (dengan kuesioner OHIP-14). Uji statistik menggunakan uji normalitas Shapiro-wilk dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney. Hasil :Diperoleh rata-rata skor OHIP-14 pada kelompok geriatri yang tidak perawatan gigi lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok geriatri yang perawatan gigi. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas hidup terkait kesehatan gigi dan mulut kelompok geriatri yang tidak perawatan gigi cenderung lebih rendah dibandingkan dengan kelompok geriatri yang perawatan gigi. Uji Shapiro-Wilk menunjukkan sebaran tidak normal, karena itu analisis dilanjutkan menggunakan uji Mann-Whitney dan diperoleh perbedaan yang signifikan (p<0,05). Kesimpulan :Terdapat perbedaan bermakna antara kualitas hidup geriatri yang perawatan gigi dan tidak perawatan gigi. Kata kunci :Geriatri,perawatan gigi, kualitas hidup.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RK Dentistry
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:44898
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Dec 2014 09:05
Last Modified:18 Dec 2014 09:05

Repository Staff Only: item control page