PERBEDAAN ANTARA JUMLAH LEUKOSIT DARAH PADA PASIEN APENDISITIS AKUT DENGAN APENDISITIS PERFORASI DI RSUP DR. KARIADI SEMARANG

Sibue, Siti Hardiyanti and Budiono, B. Parish and Margawati, Ani (2014) PERBEDAAN ANTARA JUMLAH LEUKOSIT DARAH PADA PASIEN APENDISITIS AKUT DENGAN APENDISITIS PERFORASI DI RSUP DR. KARIADI SEMARANG. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
519Kb
[img]
Preview
PDF
144Kb
[img]
Preview
PDF
220Kb
[img]
Preview
PDF
137Kb
[img]
Preview
PDF
181Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1551Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

154Kb
[img]
Preview
PDF
119Kb
[img]
Preview
PDF
727Kb

Abstract

Latar belakang: Apendisitis akut merupakan nyeri akut abdomen yang sering terjadi saat ini. Pemeriksaan dan diagnosis yang terlambat dapat mengakibatkan risiko terjadinya apendisitis perforasi. Pemeriksaan jumlah leukosit darah merupakan pemeriksaan laboratorium yang cepat dan murah untuk mendiagnosis apendisitis akut dan apendisitis perforasi, akan tetapi belum diketahui batas yang pasti jumlah leukosit darah dalam membedakan antara apendisitis akut dengan apendisitis perforasi. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara jumlah leukosit darah pasien apendisitis akut dengan apendisitis perforasi di RSUP Dr. Kariadi Semarang. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik retrospektif menggunakan metode cross sectional dengan 139 sampel untuk mencari cut off point jumlah leukosit darah. Data diambil dari catatan medis pasien apendisitis di RSUP Dr. Kariadi Semarang. Data yang didapat dilakukan analisa deskriptif dan analitik menggunakan Independent T-test dengan batas kemaknaan adalah p<0,05. Hasil: Pada penelitian ini didapatkan, batas angka leukosit darah berada pada cut off point 13.900 sel/mm3 dengan sensitifitas 83,75% dan spesifisitas 54,2%. Hasil Independent T-test didapatkan nilai p<0,001. Kesimpulan: Terdapat perbedaan yang bermakna antara jumlah leukosit darah pada pasien apendisitis akut dengan apendisitis perforasi. Jumlah leukosit darah dapat digunakan sebagai diagnosis penunjang dalam membedakan apendisitis akut dengan apendisitis perforasi. Kata kunci: Apendisitis akut, apendisitis perforasi, jumlah leukosit darah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RD Surgery
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:44874
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Dec 2014 10:09
Last Modified:16 Dec 2014 10:09

Repository Staff Only: item control page