HUBUNGAN ANTARA PAPARAN ASAP DENGAN KEJADIAN PEMBESARAN GINGIVA (Studi Pada Pekerja Pengasapan Ikan di Desa Bandarharjo, Kota Semarang, Jawa Tengah)

Irlinda, Riva and Wibisono, Gunawan (2014) HUBUNGAN ANTARA PAPARAN ASAP DENGAN KEJADIAN PEMBESARAN GINGIVA (Studi Pada Pekerja Pengasapan Ikan di Desa Bandarharjo, Kota Semarang, Jawa Tengah). Undergraduate thesis, Faculty of Medicine Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
592Kb
[img]
Preview
PDF
202Kb
[img]
Preview
PDF
598Kb
[img]
Preview
PDF
86Kb
[img]
Preview
PDF
129Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

99Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

81Kb
[img]
Preview
PDF
70Kb
[img]
Preview
PDF
2678Kb

Abstract

Latar Belakang Sebagian besar penduduk Indonesia yang tinggal di pesisir pantai bekerja sebagai pengasap ikan. Dampak buruk dari paparan asap yang langsung mengenai rongga mulut secara terus menerus dapat menyebabkan keadaan patologis berupa pembesaran gingiva karena adanya komponen fenol dan asam asetat dalam asap. Tujuan Membuktikan hubungan antara paparan asap dengan kejadian pembesaran gingiva (Studi pada pekerja pengasapan ikan di Desa Bandarharjo Kota Semarang, Jawa Tengah). Metode Peneitian ini merupakan penelitian analitik deskriptif menggunakan pendekatan cross sectional. Jumlah responden keseluruhan sebanyak 100 orang yang terdiri dari kelompok terpapar dan tidak terpapar asap. Pengumpulan sampel dilakukan secara consecutive sampling. Pembesaran gingiva dinilai secara visual dengan menggunakan parameter Shalu Bathla. Hasil Analisis statistik Mann Whitney disimpulkan terdapat perbedaan pembesaran gingiva yang bermakna pada kelompok terpapar dan tidak terpapar asap (p<0,05). Berdasarkan hasil uji regresi multivariat, varibel kalkulus juga memiliki kontribusi dalam kejadian pembesaran gingiva, namun peranannya lebih kecil jika dibandingkan dengan paparan asap. Kesimpulan Terdapat hubungan yang bermakna antara paparan asap dengan kejadian pembesaran gingiva pada pekerja pengasapan ikan di Desa Bandarharjo Kota Semarang, Jawa Tengah. Kata kunci Paparan asap, pekerja pengasapan dan pembesaran gingiva

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RK Dentistry
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:44869
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Dec 2014 09:20
Last Modified:16 Dec 2014 09:20

Repository Staff Only: item control page