UJI ORGANOLEPTIK TERHADAP PENGARUH WAKTU HOMOGENISASI PADA PEMBUATAN ES KRIM BUAH NAGA ( Test organoleptic of the effect homogenizasion time on making ice cream dragon fruit)

CANDRASARI, PRAHESTI EKA (2013) UJI ORGANOLEPTIK TERHADAP PENGARUH WAKTU HOMOGENISASI PADA PEMBUATAN ES KRIM BUAH NAGA ( Test organoleptic of the effect homogenizasion time on making ice cream dragon fruit). Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF (COVER) - Published Version
29Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR ISI) - Published Version
42Kb
[img]
Preview
PDF (BAB I) - Published Version
29Kb
[img]
Preview
PDF (BAB II) - Published Version
140Kb
[img]
Preview
PDF (BAB III) - Published Version
28Kb
[img]PDF (BAB IV) - Published Version
Restricted to Repository staff only

166Kb
[img]PDF (BAB V) - Published Version
Restricted to Repository staff only

98Kb
[img]PDF (BAB VI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

114Kb
[img]
Preview
PDF (BAB VII) - Published Version
29Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Published Version
27Kb
[img]
Preview
PDF (LAMPIRAN) - Published Version
233Kb

Abstract

BuahnagaberasaldariMeksiko, Amerika Tengah, danAmerika Selatan.Namun, seiringdenganperkembangannya, buahnagabanyakdibudidayakan di Asia.Negara di Asia yang sudahmelakukanpembudidayaansecarabesar-besaranadalah Vietnam dan Thailand.Taiwan, Filipina,Indonesia, dan Malaysia jugamulaimeningkatkanbudidayatanamanini.Indonesia memilikipotensi yang besaruntukmembudidayakantanamanuntukekspor.Hal inidisebabkan Indonesiamemilikiiklimtropis, sesuaidenganiklim yang dibutuhkantanamaniniuntuktumbuhdenganbaik. Kandungan nutrisi buah naga yang tinggi sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah naga mengandung vitamin C, beta karoten, kalsium, dan karbohidrat. Buah naga mengandung serat yang tinggi sebagai pengikat zat karsinogen penyebab kanker dan memperlancar proses pencernaan.Kini buah naga dapat diolah menjadi bahan pembuatan es krim. Eskrimadalahprodukpanganbeku yang dibuatmelaluikombinasi proses pembekuandanagitasipadabahan-bahan yang terdiridarisusudanproduksusu,pemanis,penstabil,pengemulsi,sertapenambahcitarasa (flavor). Eskrimbiasadikonsumsisebagaimakananselingan (desert) dandikelompokkkandalammakanancemilan (snack).bahan bahan yang digunakan meliputi susu skim, susu pasteurisasi, cmc, kuning telur, gula, butter, maezena, dan buah naga. Proses pembuatan es krim meliputi penghitungan adonan, persiapan adonan, pencampuran, homogenisasi, penuaan, pembekuan, dan pengerasan.Hard Ice Cream Machine adalah mesin yang bisa anda gunakan untuk membuat es krim hard. Jenis es krim yang dihasilkan Hard Ice Cream Machine sangat cocok untuk rumah makan, warung, restoran, hotel, dll. Dalam penggunaan Mesin Es Puter atau Hard Ice Cream Machine isi adonan jangan sampai penuh di silinder cukup 3/4 bagian, karena es akan mengembang seiring dengan terbentuknya es krim. Pembuatan es krim buah naga dari susu pasteurisasi dan buah naga dengan menggunakan ice crem maker, mempunyai kondisi operasional yang optimum, yaitu dengan waktu homogenisasi selama 35 menit, suhu aging 40C, dan waktu ice cream maker 45 menit dengan nilai overrun sebesar 21,32 %, kecepatan pelelehan selama 16,01 menit, dan total padatan es krim sebesar 24,42 % dan uji organoleptik dari 10 panelis mendapatkan warna merah muda yang disertai bintik hitam yang berasal bari buah naga, tekstur yang lembut, rasa yang mani, dan bau yang khas buah naga

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:44855
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Dec 2014 12:58
Last Modified:15 Dec 2014 12:52

Repository Staff Only: item control page