HUBUNGAN STATUS KEBERSIHAN GIGI MULUT DAN KONDISI SALIVA DENGAN KEJADIAN KARIES GIGI PADA REMAJA USIA 15-19 TAHUN (STUDI KASUS DI SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG)

FARISKA, ROSI (2014) HUBUNGAN STATUS KEBERSIHAN GIGI MULUT DAN KONDISI SALIVA DENGAN KEJADIAN KARIES GIGI PADA REMAJA USIA 15-19 TAHUN (STUDI KASUS DI SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Karies gigi adalah penyakit jaringan keras gigi yang ditandai dengan terjadinya demineralisasi bagian anorganik dan penghancuran dari subtansi organik yang dapat menyebabkan rasa nyeri. Prevalensi karies gigi di kabupaten Semarang tahun 2013 adalah 15 %, dimana sebesar 40% diderita oleh kelompok umur 15-44 tahun. Status kebersihan gigi mulut dan kondisi saliva penting untuk diketahui tiap individu, hal tersebut berperan dalam upaya pencegahan terhadap terjadinya karies. Penelitian ini bersifat explanatory research dengan menggunakan pendekatan cross sectional dan dilakukan pada siswa Sekolah Menengah Atas Islam Sudirman Ambarawa yang pada umumnya merupakan kelompok remaja umur 15-19 tahun dengan jumlah sampel sebanyak 70 siswa. Sampel dipilih menggunakan metode simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 47,1% siswa menderita karies tinggi, sedangkan sebanyak 52,9% menderita karies rendah. Terdapat hubungan yang bermakna antara viskositas saliva buruk (p=0,0001), viskositas saliva sedang (p=0,004), pH saliva buruk (p=0,005), dan status kebersihan gigi mulut (p=0,000), tetapi tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pH saliva sedang (0,938), flowrate saliva (p=0,853) dan kapasitas buffer saliva (p=0,436) dengan karies gigi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa status kebersihan gigi dan beberapa kondisi saliva dapat menimbulkan karies gigi. Oleh karena itu remaja diharapkan dapat meningkatkan praktik pemeliharan kebersihan gigi mulut dan mengurangi konsumsi makan-makanan kariogenik. Kata Kunci: remaja, karies gigi, status kebersihan gigi, saliva

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:44773
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:08 Dec 2014 09:59
Last Modified:08 Dec 2014 09:59

Repository Staff Only: item control page