FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MINAT KEIKUTSERTAAN WANITA USIA SUBUR DALAM METODE IVA (Studi Kasus di PUSKESMAS KEBUMEN 1 DAN KLIRONG)

RISMAWARI, ELVA (2014) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MINAT KEIKUTSERTAAN WANITA USIA SUBUR DALAM METODE IVA (Studi Kasus di PUSKESMAS KEBUMEN 1 DAN KLIRONG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Kanker serviks merupakan keganasan yang terjadi pada leher rahim dan disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Kasus kanker serviks hampir 95% terjadi di negara berkembang termasuk Indonesia. Di Kebumen terjadi peningkatan penyakit kanker serviks dan menjadi penyebab kematian pada kelompok usia produktif. Deteksi dini metode IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) merupakan alternative pemeriksaan yang dianjurkan. Di Puskesmas Kebumen 1 dan Klirong sudah dilakukan tes IVA namun keikutsertaan masyarakat masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keikutsertaan WUS dalam deteksi kanker serviks metode IVA. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan crossectional. Subjek penelitian adalah wanita yang sudah menikah sebanyak 95 responden yang berkunjung ke Puskesmas Kebumen 1 dan Klirong dengan pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Analisis data menggunakan uji ChiSquare dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis didapatkan bahwa ada hubungan bermakna terhadap keikutsertaan ibu dalam tes IVA yaitu pengetahuan, biaya, ketersediaan informasi, dukungan suami dan dukungan petugas masing-masing memiliki nilai p<0,05. Sedangkan faktor lain seperti usia, pendidikan, pekerjaan, katerjangkauan pelayanan kesehatan masing-masing memiliki nilai p>0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah pengetahuan, biaya, ketersediaan informasi, dukungan suami, dukungan petugas lebih berpengaruh terhadap keikutsertaan IVA. Disarankan agar wanita yang sudah menikah sebaiknya melakukan pemeriksaan untuk mencegah terjadinya kanker serviks. Kata Kunci: Kanker Serviks, Tes IVA, WUS, Puskesmas Kebumen 1, Puskesmas Klirong

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:44765
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:08 Dec 2014 09:36
Last Modified:08 Dec 2014 09:36

Repository Staff Only: item control page