PERBANDINGAN RERATA PENGETAHUAN PETUGAS KAMAR JENAZAH SEBELUM DAN SETELAH DILAKUKAN WORKSHOP TENTANG INFEKSI DAPATAN KAMAR JENAZAH

Syahputra, Igor Rizkia and Bhima, Sigit Kirana Lintang and Dhanardhono, Tuntas (2014) PERBANDINGAN RERATA PENGETAHUAN PETUGAS KAMAR JENAZAH SEBELUM DAN SETELAH DILAKUKAN WORKSHOP TENTANG INFEKSI DAPATAN KAMAR JENAZAH. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
837Kb
[img]
Preview
PDF
123Kb
[img]
Preview
PDF
189Kb
[img]
Preview
PDF
115Kb
[img]
Preview
PDF
176Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

379Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

160Kb
[img]
Preview
PDF
109Kb
[img]
Preview
PDF
310Kb

Abstract

Latar Belakang Infeksi dapatan dari kamar jenazah adalah penularan penyakit dari orang yang sudah meninggal pada siapa saja yang ada di kamar jenazah, sehingga menyebabkan penyakit yang berbahaya.Hal ini sering terjadi pada petugas kamar jenazah yang kurang mengerti tentang bahaya infeksi dapatan di kamar jenazah. Oleh karena itu diharapkan dengan adanya workshop dengan tema infeksi dapatan kamar jenazah, bisa meningkatkan pengetahuan petugas kamar jenazah. Tujuan Mengetahui perbandingan rerata pengetahuan sebelum dan sesudah workshop petugas kamar jenazah rumah sakit kota Semarang dan sekitarnya tentang infeksi dapatan di kamar jenazah. Metode Penelitian Penelitian ini menggunakan rancangan quasi eksperimental one group pretest posttest design. Untuk mengetahui normalitas data pengetahuan responden, dilakukan uji normalitas dengan uji Saphiro-Wilk, kemudian untuk uji hipotesisnyamenggunaka uji Wilcoxon. Hasil Rata – rata nilai pre test responden sebesar 65,33 dan rata – rata nilai post test responden 76. Selanjutnya dilakukan uji beda berpasangan Wilcoxon antara pre dan post didapatkan nilai p = 0.018, karena p < 0.05 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang bermakna. Kesimpulan Dapat disimpulkan adanya perbedaan yang bermakna, jika sebagian besar rerata pengetahuan petugas kamar jenazah mengalami peningkatan setelah workshop. Kata Kunci Pengetahuan petugas kamar jenazah, infeksi dapatan kamar jenazah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1001 Forensic Medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:44749
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Dec 2014 08:47
Last Modified:08 Dec 2014 08:47

Repository Staff Only: item control page