Evaluasi Pelaksanaan Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari Aspek Struktur dan Interaksi Sosialisasi di Rumah Sakit Permata Medika Kota Semarang Tahun 2013-2014

Primantika, Adista Dea (2014) Evaluasi Pelaksanaan Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari Aspek Struktur dan Interaksi Sosialisasi di Rumah Sakit Permata Medika Kota Semarang Tahun 2013-2014. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Sejak diberlakukannya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tanggal 1 Januari 2014, banyak permasalahan yang terjadi, tidak terkecuali di rumah sakit yang telah menjadi mitra BPJS Kesehatan. Menurut hasil studi pendahuluan, semua rumah sakit mitra BPJS Kesehatan di Kota Semarang masih mengalami kebingungan dalam menjalankan program JKN, terutama rumah sakit swasta. RS Permata Medika merupakan salah satu rumah sakit swasta tipe C di Kota Semarang yang telah menjadi mitra BPJS Kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi pelaksanaan sosialisasi program JKN dari aspek struktur sosialisasi (materi, metode, alat, organisasi) dan interaksi sosialisasi di RS Permata Medika Semarang tahun 2013-2014. Penelitian menggunakan metode exploratory research dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah tim sosialisasi JKN dari BPJS Kesehatan (2 orang sebagai informan utama), serta tim pengendali JKN di RS Permata Medika (5 orang sebagai informan triangulasi). Hasil penelitian ini, materi sosialisasi dapat dipahami, tetapi masih terlalu umum. Metode ceramah kurang menolong memahami materi, metode diskusi lebih menolong. Alat sosialisasi lengkap tetapi kurang bermanfaat. Organisasi BPJS, tim khusus sosialisasi JKN hanya ada pada tahun 2013, ada dana khusus untuk sosialisasi, dan dana dapat tercukupi. Organisasi RS Permata Medika, ada tim pengendali JKN yang melakukan koordinasi secara rutin. Interaksi sosialisasi, BPJS telah mengundang rumah sakit untuk sosialisasi JKN lebih dari tiga kali, dan mengagendakan untuk utilisation review satu kali dalam satu tahun untuk tiap rumah sakit, intensitas kunjungan ke rumah sakit perlu peningkatan. Disimpulkan bahwa metode dan alat sosialisasi sudah cukup baik, sedangkan materi, organisasi dan interaksi sosalisasi masih perlu peningkatan. Kata Kunci: sosialisasi, JKN, BPJS Kesehatan, rumah sakit

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:44739
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:05 Dec 2014 15:51
Last Modified:05 Dec 2014 15:51

Repository Staff Only: item control page