WIDYANINGRUM, RR DYAH HASTUTI (2014) ANALISIS RESPONSIVENESS PELAYANAN KESEHATAN DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.
| PDF - Published Version 11Kb |
Abstract
Sistem Kesehatan Nasional bertujuan menyelenggarakan pembangunan kesehatan. RSUD Kota Semarang yang telah berubah status menjadi BLU dan mendapatkan ISO 9001-2008 harus sudah bisa memberikan pelayanan kesehatan yang rapi, terarah, tepat sasaran dan responsif. Sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui responsiveness pelayanan kesehatan di unit rawat inap RSUD Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif ditunjang dengan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampel 58 pasien rawat jalan yang memenuhi kriteria inklusi, informan inti empat pasien dan dua informan triangulasi dari pihak rumah sakit. Dari hasil penelitian bahwa responsiveness di Instalasi Rawat Jalan RSUD Kota Semarang secara umum sebesar53,4%. Persentase nilai responsiveness mulai dari yang paling besar adalah domain kerahasiaan (68,9%), domain keterlibatan pasien (60,3%), domain pilihan pasien (51,7%), domain kejelasan informasi (50%), domain lama waktu tunggu (48,3%), kenyamanan (48,3%) dan yang paling rendah adalah keramahan petugas (44,8%). RSUD Kota Semarang diharapkan dapat meningkatkan responsiveness dengan meningkatkan keramahan petugas, meninjau kembali kerjasama dengan petugas cleaning service, memasang pendingin ruangan dan menghitung kembali rasio dokter yang dibutuhkan. Kata Kunci: responsiveness, pelayanan kesehatan, rawat jalan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Faculty of Public Health > Department of Public Health |
ID Code: | 44729 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 05 Dec 2014 15:01 |
Last Modified: | 05 Dec 2014 15:01 |
Repository Staff Only: item control page