Hubungan Kondisi Fisik Rumah dan Keberadaan Perokok dalam Rumah dengan Kejadian Pneumonia pada Balita (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Nalumsari Kabupaten Jepara)

PERTIWI, SITI ZAINAB PUTRI (2014) Hubungan Kondisi Fisik Rumah dan Keberadaan Perokok dalam Rumah dengan Kejadian Pneumonia pada Balita (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Nalumsari Kabupaten Jepara). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Pneumonia masih menjadi penyakit infeksi penyebab kematian anak-anak di seluruh dunia. Penyakit ini disebabkan oleh mikroorganisme seperti bakteri (Streptococcus pneumoniae, Haemophilus influenza tipe b (Hib), dan Staphylococcus aureus), virus, dan jamur. Faktor risiko yang mempengaruhi kejadian pneumonia yaitu lingkungan rumah yang tidak sehat dan perilaku. Pada tahun 2013, Puskesmas Nalumsari adalah daerah tertinggi kasus pneumonia balita yaitu sebesar 474 kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kondisi fisik rumah (kepadatan hunian, kelembaban, pencahayaan alamiah, jenis lantai, jenis dinding, luas ventilasi, jenis bahan bakar memasak, kepemilikan lubang asap) dan keberadaan perokok dalam rumah dengan kejadian pneumonia pada balita di wilayah kerja Puskesmas Nalumsari Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei analitik dengan metode case control. Sampel dalam penelitian ini adalah 82 balita umur 2 – 59 bulan yang terdiri dari 41 kelompok kasus dan 41 kelompok kontrol dengan matching umur dan jenis kelamin. Data primer diperoleh dengan pengukuran langsung. Analisis data menggunakan uji Chi Square dan Odds Ratio dengan tingkat kepercayaan 95%. Sebanyak 72% balita memiliki luas ventilasi yang tidak memenuhi syarat yaitu <10% dari luas lantai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 9 variabel bebas yang diteliti, terdapat 2 variabel yang mempunyai hubungan bermakna dengan kejadian pneumonia balita yaitu pencahayaan alamiah (p=0,045; OR=2,723) dan luas ventilasi (p=0,049; OR=3,109). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah kondisi fisik rumah dan keberadaan perokok dalam rumah yang berhubungan dengan kejadian pneumonia balita meliputi pencahayaan alamiah dan luas ventilasi. Kata Kunci: Pneumonia, Balita, Kondisi Fisik Rumah, Perokok

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:44715
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:05 Dec 2014 10:30
Last Modified:05 Dec 2014 10:30

Repository Staff Only: item control page