PERBEDAAN DAYA HIDUP NYAMUK Aedes aegypti L. SETELAH DIPAPAR LC50 EKSTRAK DAUN JAMBU BIJI (Psidium guajava L.) DAN ANTI NYAMUK CAIR BERBAHAN AKTIF D-ALLETHRIN DAN TRANSFLUTHRIN

MARTA , AFINA ROSYIDAH (2014) PERBEDAAN DAYA HIDUP NYAMUK Aedes aegypti L. SETELAH DIPAPAR LC50 EKSTRAK DAUN JAMBU BIJI (Psidium guajava L.) DAN ANTI NYAMUK CAIR BERBAHAN AKTIF D-ALLETHRIN DAN TRANSFLUTHRIN. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Pengendalian nyamuk yang paling banyak dilakukan adalah pengendalian secara kimiawi menggunakan insektisida sintetis. Penggunaan insektisida sintetis menimbulkan dampak negatif, maka alternatif menggunakan insektisida nabati yang berasal dari tumbuhan antara lain daun jambu biji (Psidium guajava L.) yang pada daunnya mengandung senyawa alkaloid, saponin, flavonoid, tanin,minyak atsiri, triterpenoid, dan polifenol. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan efektivitas ekstrak daun jambu biji (Psidium guajava L.)dan Anti Nyamuk Cair Berbahan Aktif D-allethrin dan Transfluthrin terhadap daya hidup nyamuk Aedes aegypti pada LC50.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian true experiment dengan desain post test only group design, dengan populasi nyamuk Aedes aegypti umur 2-5 hari yang dipelihara di Laboratorium B2P2VRP Salatiga, Jawa Tengah. Pengambilan sampel sebanyak 700 ekor nyamuk menggunakan metode randomisasi. Analisis data menggunakan uji One Way ANNOVA untuk lamanya nyamuk Survive dan Kruskal Wallis untuk banyaknya nyamuk survive. Hasil dari analsis probit diperoleh nilai LC50 (Lethal Concentration) sebesar 90.000 ppm untuk ekstrak daun jambu biji, 36 untuk D-allethrin dan 26,85 untuk Transfluthrin. Hasil uji statistik menunjukkan ada perbedaan daya hidup nyamuk berdasarkan lama hari antara ekstrak daun jambu biji dengan anti nyamuk cair berbahan aktif D-allethrin dan Transfluthrin (p= 0,0001) dan ada perbedaan juga antara anti nyamuk cair berbahan aktif D-allethrin dan Transfluthrin (p=0,010). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa insektisida alami lebih efektif dibandingkan dengan insektisida sintetis Kata Kunci: Aedes aegypti, ekstrak daun jambu biji, D-allethrin, transfluthrin,daya hidup.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:44655
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Dec 2014 09:29
Last Modified:04 Dec 2014 09:29

Repository Staff Only: item control page