PENGARUH SUHU DAN LAMA PERENDAMAN TERHADAP LAJU PENGERINGAN KACANG HIJAU PADA KINERJA ALAT ROTARY DRYER (The Effect of Temperature and Immersion Time on the Rate Drying of Mung Bean on Rotary Dryer )

RATNASARI, YENI NIRMA (2014) PENGARUH SUHU DAN LAMA PERENDAMAN TERHADAP LAJU PENGERINGAN KACANG HIJAU PADA KINERJA ALAT ROTARY DRYER (The Effect of Temperature and Immersion Time on the Rate Drying of Mung Bean on Rotary Dryer ). Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF (COVER) - Published Version
29Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR ISI) - Published Version
44Kb
[img]
Preview
PDF (BAB I) - Published Version
33Kb
[img]
Preview
PDF (BAB II) - Published Version
306Kb
[img]
Preview
PDF (BAB III) - Published Version
16Kb
[img]PDF (BAB IV) - Published Version
Restricted to Repository staff only

71Kb
[img]PDF (BAB V) - Published Version
Restricted to Repository staff only

30Kb
[img]PDF (BAB VI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

113Kb
[img]
Preview
PDF (BAB VII) - Published Version
29Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Published Version
14Kb
[img]
Preview
PDF (LAMPIRAN) - Published Version
158Kb

Abstract

Pengeringan merupakan proses pengeluaran air dari bahan dengan menggunakan energi panas sehingga tingkat kadar air dari bahan tersebut menurun. Proses pengeringan biasanya disertai dengan proses penguapan air yang terdapat dalam bahan. Pada praktikum ini digunakan alat pengering berupa rotary dryer untuk mengeringkan kacang hijau. Rotary dryer terdiri dari shell berbentuk silinder horisontal yang dipasang pada suatu bantalan rol, sehingga silinder ini dapat berputar dan kedudukannya sedikit membentuk sudut kemiringan. Umpan dimasukkan pada bagian ujung yang tinggi dari silinder dan akan keluar sebagai produk kering pada bagian ujung yang lain. Sebagai pemanas bisa digunakan udara panas atau gas buang hasil pembakaran yang masih mempunyai temperatur tinggi. Pada pengeringan kacang hijau menggunakan rotary dryer dapat disimpulkan bahwa semakin besar suhu yang digunakan untuk mengeringkan kacang hijau maka H2O yang teruapkan akan semakin naik. Semakin besar suhu yang digunakan untuk mengeringkan kacang hijau maka semakin sedikit waktu untuk pengeringannya. Nilai laju pengeringan semakin besar jika suhu yang digunakan untuk proses pengeringan semakin besar. Semakin lama waktu perendaman maka berat bahan kering akan semakin naik. Semakin lama waktu pengeringan dan semakin lama waktu perendaman maka % H2O yang teruapkan akan semakin naik. Semakin lama waktu rendam maka laju pengeringannya akan semakin naik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:44628
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Dec 2014 11:01
Last Modified:03 Dec 2014 11:01

Repository Staff Only: item control page