PRODUKSI MINYAK ATSIRI DARI DAUN CENGKEH KERING MENGGUNAKAN PROSES DISTILASI VAKUM (Production Of Essential Oil From Dry Clove Leaf Using Vacuum Distillation Process)

FELLYTASARIE, WIENDI ANTANIA (2014) PRODUKSI MINYAK ATSIRI DARI DAUN CENGKEH KERING MENGGUNAKAN PROSES DISTILASI VAKUM (Production Of Essential Oil From Dry Clove Leaf Using Vacuum Distillation Process). Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF (COVER) - Updated Version
28Kb
[img]
Preview
PDF (INTISARI - DAF ISI) - Published Version
45Kb
[img]
Preview
PDF (BAB I) - Published Version
33Kb
[img]
Preview
PDF (BAB II) - Published Version
117Kb
[img]
Preview
PDF (BAB III) - Published Version
29Kb
[img]PDF (BAB IV) - Published Version
Restricted to Repository staff only

65Kb
[img]PDF (BAB V) - Published Version
Restricted to Repository staff only

39Kb
[img]PDF (BAB VI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

81Kb
[img]
Preview
PDF (BAB VII) - Published Version
28Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Published Version
31Kb

Abstract

Daun cengkeh merupakan hasil dari pohon cengkeh yang belum banyak dimanfaatkan oleh petani dibandingkan dengan bunga atau tangkai cengkeh. Daun cengkeh mengandung minyak atsiri yang apabila dioleh dengan baik dapar bernilai ekonomis yang tinggi. Daun Cengkeh dikeringkan terlebih dahulu dengan dijemur selama 2-3 hari. Memasukkan air ke dalam dandang distilasi, dan nyalakan kompor. Bila air sudah mendidih, daun cengkeh kering dimasukkan ke dalam dandang distilasi kemudian nyalakan pompa vakum. Uap air naik ke atas bersamaan dengan minyak cengkeh yang teruapkan. Uap panas akan terkondensasi dan berubah fase menjadi cair yang disebut distilat. Proses distilasi vakum dilakukan dengan 3 waktu yaitu 3jam, 4jam dan 5 jam dengan tekanan 60cmHg. Metode analisa yang digunakan yaitu analisa rendemen, warna, densitas dan indeks bias. Berdasarkan hasil penelitian minyak cengkeh yang mendekati standar ISO (International Standart Oil) dari 3 waktu penyulingan 3jam, 4jam dan 5jam adalah minyak cengkeh pada variabel III dengan waktu penyulingan 5 jam, berat bahan 2 kg dan menggunakan tekanan 60 cmHg. Hasil minyak cengkeh berwarna kuning, berat jenisnya sebesar 0,921 gr/ml serta indeks bias sebesar 1,531. Besar rendemen pada variabel ini sebesar 0,410 %.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:44625
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Dec 2014 10:36
Last Modified:03 Dec 2014 10:36

Repository Staff Only: item control page