PENGARUH PAJANAN ASAP TERHADAP JUMLAH CANDIDA DI RONGGA MULUT Studi pada Pekerja Pengasapan Ikan di Desa Bandarharjo, Kota Semarang, Jawa Tengah

Fridayanti, Cut Mirna Amanda and Priyanto, Djoko and Isbandrio , Bambang (2014) PENGARUH PAJANAN ASAP TERHADAP JUMLAH CANDIDA DI RONGGA MULUT Studi pada Pekerja Pengasapan Ikan di Desa Bandarharjo, Kota Semarang, Jawa Tengah. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
5Mb
[img]
Preview
PDF
114Kb
[img]
Preview
PDF
335Kb
[img]
Preview
PDF
107Kb
[img]
Preview
PDF
357Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

234Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

77Kb
[img]
Preview
PDF
78Kb
[img]
Preview
PDF
968Kb

Abstract

Latar belakang: Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian dari kesehatan tubuh secara keseluruhan, karena dapat mempengaruhi kualitas kehidupan. Flora normal banyak ditemukan dalam rongga mulut manusia, antara lain Candida Albicans. Candida albicans adalah jamur dimorfik yang memungkinkan untuk terjadinya 70-80% dari semua infeksi candida, sehingga merupakan penyebab tersering dari candidiasis. senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan candida adalah fenol dan asam asetat, komponen senyawa ini terdapat dalam proses pengasapan ikan. Tujuan: Mengetahui pengaruh antara pajanan asap dengan jumlah Candida pada pekerja pengasapan ikan di Desa Bandarharjo, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Metode: penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional dengan jenis cross sectional, serta menggunakan metode analitik deskriptif, dan rancangan consecutive sampling, sampel sebanyak 96 orang yang dibagi menjadi 2 kelompok dan telah memenuhi kriteria inklusi, yang selanjutnya dilakukan pemeriksaan swab pada rongga mulut untuk melihat jumlah candida yang ada pada rongga mulut responden. Hasil: Terdapat perbedaan rata-rata jumlah koloni antara kelompok yang terpajan asap dan kelompok kontrol (p=0,0001). Dengan rata-rata jumlah koloni pada kelompok yang terpajan (27,8) lebih besar daripada kelompok kontrol (2,81).Terdapat hubungan bermakna antara pajanan asap dengan kejadian kolonisasi Candida Albicans. Kesimpulan: Pajanan asap berpengaruh terhadap jumlah candida pada rongga mulut pekerja pengasapan ikan di Desa Bandarharjo, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Kata kunci: Candida Albicans, Pengasapan ikan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RK Dentistry
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:44519
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Nov 2014 08:56
Last Modified:26 Nov 2014 08:56

Repository Staff Only: item control page