PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK KAYU MANIS (Cinnamomun burmannii) TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH TIKUS WISTAR JANTAN YANG DIBERI BEBAN GLUKOSA

Adichandra, Bobby and Gunardi, Gunardi (2014) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK KAYU MANIS (Cinnamomun burmannii) TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH TIKUS WISTAR JANTAN YANG DIBERI BEBAN GLUKOSA. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
704Kb
[img]
Preview
PDF
105Kb
[img]
Preview
PDF
95Kb
[img]
Preview
PDF
95Kb
[img]
Preview
PDF
163Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

103Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

7Kb
[img]
Preview
PDF
4Kb
[img]
Preview
PDF
644Kb

Abstract

Latar Belakang Ekstrak kayu manis memiliki efek mencegah resistensi insulin dengan cara menormalkan tingkat gula darah dengan membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Penelitian ini bertujuan membuktikan khasiat dari ekstrak kayu manis yang dapat menurunkan kadar glukosa darah pada tikus wistar yang diberi beban glukosa. Tujuan Mengetahui pengaruh pemberian ekstrak kayu manis (Cinnamomun Burmannii) terhadap penurunan kadar glukosa darah tikus wistar yang diberi beban glukosa. Metode Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain Randomized Post Test Control Group Design. Bahan yang digunakan adalah ekstrak kayu manis dengan glibenklamid sebagai obat pembanding. Hewan coba yang digunakan adalah tikus putih galur wistar. Ekstrak kayu manis diberikan dalam dosis tunggal per oral. Penentuan kadar glukosa darah dilakukan tiap 30 menit selama 120 menit menggunakan glukometer One Touch® Ultra™. Uji statistik menggunakan uji one-way anova dan uji Post Hoc (Tukey). Hasil Ekstrak kayu manis dengan dosis 3,78 gr/200grBB, 7,56 gr/200grBB dan 15,12 gr/200grBB mampu menurunkan kadar glukosa darah tikus wistar yang diberi beban glukosa sesuai dengan kenaikan dosis ekstrak kayu manis. Penurunan paling signifikan terjadi di menit 90 dan 120 dengan dosis 15,12 gr/200grBB. Kesimpulan Pemberian ekstrak kayu manis dapat menurunkan glukosa darah tikus wistar yang diberi beban glukosa. Ekstrak kayu manis (Cinnamomun Burmannii) kurang kuat bila dibandingkan efek hipoglikemik glibenklamid. Kata kunci : Ekstrak kayu manis, Cinnamomun Burmannii, kadar glukosa darah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:44513
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Nov 2014 14:10
Last Modified:25 Nov 2014 14:10

Repository Staff Only: item control page