PENGARUH PASTA GIGI MENGANDUNG XYLITOL DAN FLUORIDE DIBANDINGKAN PASTA GIGI MENGANDUNG FLUORIDE TERHADAP PLAK GIGI (Studi pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro )

Amnur, Ayu Dewi Nurma and Utami , Devi Farida and Supatmo, Yuswo (2014) PENGARUH PASTA GIGI MENGANDUNG XYLITOL DAN FLUORIDE DIBANDINGKAN PASTA GIGI MENGANDUNG FLUORIDE TERHADAP PLAK GIGI (Studi pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro ). Undergraduate thesis, Faculty of Medicine Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
593Kb
[img]
Preview
PDF
165Kb
[img]
Preview
PDF
219Kb
[img]
Preview
PDF
130Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

164Kb
[img]
Preview
PDF
205Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

135Kb
[img]
Preview
PDF
119Kb
[img]
Preview
PDF
1064Kb

Abstract

Latar belakang: Plak merupakan suatu lapisan lunak terdiri atas kumpulan bakteri yang berkembang biak di atas suatu matriks. Xylitol berfungsi menghambat pembentukan plak. Flouride berfungsi sebagai menghambat karies dengan cara menghambat aktivitas metabolisme bakteri, jika berlebih dapat menyebabkan Fluorosis. Tujuan: Membuktikan besarnya pengaruh pasta gigi mengandung xylitol dan flouride dengan pasta gigi mengandung flouride. Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan Randomized Control group pretest-Posttest design. 30 Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, dibagi dalam tiga kelompok yaitu kelompok kontrol dan dua kelompok perlakuan. Kelompok kontrol (K) diberi pasta gigi tanpa kandungan xylitol dan flouride, kelompok perlakuan (P1) diberi pasta gigi dengan kandungan xylitol dan flouride dan kelompok perlakuan (P2) diberi pasta gigi kandungan flouride. Plak diukur dengan menggunakan indeks plak menurut Sillness and Loe sesudah menggunakan pasta gigi dalam jangka waktu 2 minggu. Hasil dianalisa dengan program SPSS pada komputer dengan tingkat kepercayaan p<0,05. Hasil:Uji t-test indeks plak sesudah perlakuan pada kelompok kontrol (K) menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna dengan nilai (p = 0,045), pada kelompok perlakuan (P1) menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna ( p = 0,000) dan pada kelompok perlakuan (P2) menunjukkan tidak ada perbedaan yang bermakna ( p = 0,190). Uji beda antar kelompok menunjukkan tidak ada perbedaan yang bermakna, kelompok kontrol (K) dibanding kelompok P1 (p = 0,510). Kelompok kontrol (K) dibanding kelompok P2 (p = 0,580). Kelompok P1 dibanding kelompok P2 (p = 0,230). Simpulan: Penggunaan pasta gigi dengan kandungan xylitol dan flouride dapat menghambat pembentukan plak gigi tetapi pasta gigi dengan flouride tidak dapat menghambat pembentukan plak dan tidak terdapat perbedaan rerata skor plak yang bermakna antara kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Kata kunci: plak gigi, xylitol, flouride, pasta gigi

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RK Dentistry
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:44509
Deposited By:Ms Lutfiatun Heni
Deposited On:25 Nov 2014 13:40
Last Modified:25 Nov 2014 13:40

Repository Staff Only: item control page