PERBANDINGAN ANGKA KEJADIAN BAKTERIURIA DAN LEUKOSITURIA ANTARA PERSALINAN ATERM DAN PRETERM Studi Kasus di RSUP Dr. Kariadi Periode 2013

Pamungkas, Artono Tri and Pramono, Besari Adi (2014) PERBANDINGAN ANGKA KEJADIAN BAKTERIURIA DAN LEUKOSITURIA ANTARA PERSALINAN ATERM DAN PRETERM Studi Kasus di RSUP Dr. Kariadi Periode 2013. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
617Kb
[img]
Preview
PDF
191Kb
[img]
Preview
PDF
209Kb
[img]
Preview
PDF
288Kb
[img]
Preview
PDF
232Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

213Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

164Kb
[img]
Preview
PDF
95Kb
[img]
Preview
PDF
920Kb

Abstract

Latar Belakang: Infeksi saluran kemih menyumbang 30% kejadian prematuritas. Kultur urin merupakan gold standar dalam penegakan diagnosis ISK, namun kultur urin tidak umum dilakukan apabila tidak ada indikasi. Berkaitan dengan hal itu, dipilih pemeriksaan urinalisis sebagai preskrining ISK sebelum ditegakkan dengan kultur. Pada pemeriksaan urinalisis, dapat diketahui ada tidaknya bakteri dan leukosit pada urin. Tujuan: Mengetahui angka kejadian bakteriuria dan leukosituria pada persalinan preterm dan aterm. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik deskriptif dengan rancangan penelitian cross-sectional. Data diambil dari catatan medik ibu yang bersalin di RSUP Dr. Kariadi periode 1 Juli-31 Desember 2013 dan tercatat memiliki hasil pemeriksaan urinalisis bakteriuria dan leukosituria. Subjek dipilih secara consecutive sampling. Analisis menggunakan Chi-square. Hasil: Angka kejadian bakteriuria pada ibu hamil sebesar 81,6%, sementara angka kejadian leukosituria sebesar 5,3%. Tidak ada perbedaan yang bermakna antara kejadian bakteriuria dengan persalinan (p=0,752). Namun, ditemukan perbedaan yang bermakna antara leukosituria dengan persalinan (p=0,008). Kesimpulan: Terdapat perbedaan yang bermakna antara leukosituria dengan persalinan preterm dan aterm. Kata kunci: Persalinan preterm, persalinan aterm, bakteriuria, leukosituria.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:44473
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Nov 2014 11:10
Last Modified:21 Nov 2014 11:10

Repository Staff Only: item control page