PEMBUATAN ES KRIM SEHAT DARI BROKOLI DENGAN VARIABEL WAKTU HOMOGENISASI (Making Healthy Ice Cream of Broccoli with a Variable Time of Homogenization)

JULIANA, RIZQI FAJAR (2013) PEMBUATAN ES KRIM SEHAT DARI BROKOLI DENGAN VARIABEL WAKTU HOMOGENISASI (Making Healthy Ice Cream of Broccoli with a Variable Time of Homogenization). Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF (Cover Daf Isi) - Published Version
68Kb
[img]
Preview
PDF (BAB I) - Published Version
47Kb
[img]
Preview
PDF (BAB II) - Published Version
118Kb
[img]
Preview
PDF (BAB III) - Published Version
28Kb
[img]PDF (BAB IV) - Updated Version
Restricted to Repository staff only

155Kb
[img]PDF (BAB V) - Published Version
Restricted to Repository staff only

87Kb
[img]PDF (BAB VI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

85Kb
[img]
Preview
PDF (BAB VII) - Published Version
28Kb
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka) - Published Version
30Kb

Abstract

Teknologi pengolahan pangan modern telah menghasilkan kreasi baru olahan brokoli, salah satunya adalah es krim brokoli. Brokoli adalah sayuran yang digemari masyarakat karena dikenal mempunyai kandungan gizi tinggi. Brokoli berfungsi sebagai senyawa antikanker, antikolinesterase dan antioksidan. Es krim adalah produk pangan beku yang dibuat melalui kombinasi proses pembekuan dan agitasi pada bahan-bahan yang terdiri dari susu dan produk susu,pemanis,penstabil,pengemulsi,serta penambah citarasa (flavor). Hard Ice Cream Machine adalah mesin yang bisa anda gunakan untuk membuat es krim hard. Prinsip kerjanya yaitu memaksa mix es krim melewati suatu celah yang sangat kecil ukurannya dengan menggunakan tekanan yang sangat besar sehingga setelah melewati celah diperoleh ukuran butiran mix yang kecil dan seragam. Dari percobaan dapat diketahui hasil penggunaan variabel waktu homogenisasi yang terbaik dan paling optimum terhadap overrun yaitu pada waktu homogenisasi 45 (menit) sebesar 21,80 %, Kecepatan pelelehan yang terbaik dan paling optimum pada pengunaan waktu homogenisasi 45 (menit) sebesar 17,40 menit, total padatan sebesar yang terbaik dan paling optimum pada pengunaan waktu homogenisasi 45 (menit) sebesar 30,48 %, Hasil Uji Organoleptik dari 10 panelis pada tiap variabel, panelis sangat menyukai es krim brokoli yaitu warna hijau muda yang didapatkan dari pewarna alami ekstrak brokoli yaitu pada waktu homogenisasi 40 dan 45 (menit), untuk aroma es krim brokoli rata-rata panelis menyukai es krim brokoli tersebut yaitu dengan waktu homogenisasi 40 dan 45 menit, untuk rasa es krim brokoli rata-rata panelis menyukai rasa es krim brokoli tersebut yaitu dengan waktu homogenisasi 45 menit, untuk tekstur es krim brokoli rata-rata panelis menyukai es krim brokoli tersebut yaitu dengan waktu homogenisasi 30 dan 45 menit.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:44454
Deposited By:Mrs Pudja D3 Teknik Kimia
Deposited On:20 Nov 2014 09:48
Last Modified:20 Nov 2014 09:48

Repository Staff Only: item control page