RANCANG BANGUN PENGENDALI KONVEYOR PENSORTIRAN BARANG DENGAN LEVEL KETINGGIAN BERBASIS PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC)

Pujiyana, Danang Herliman and Adi, Kusworo (2013) RANCANG BANGUN PENGENDALI KONVEYOR PENSORTIRAN BARANG DENGAN LEVEL KETINGGIAN BERBASIS PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
969Kb

Abstract

Telah dilakukan rancang bangun sistem pengendali konveyor untuk sortir barang yang menggunakan PLC Omron CPM2A. Sistem ini diharapkan dapat membantu dunia perindustrian yang dituntut hasil akhir yang maksimal dengan waktu yang singkat dan menhemat biaya produksi sehingga menghasilkan keuntungan bagi produsen. Sistem ini menggunakan sensor photodioda yang dirancang untuk pendeteksi barang dengan level ketinggian sebagai indikator pensortiran. Sensor – sensor ini digunakan sebagai pengirim data masukan ke PLC yang kemudian akan diproses dan digunakan untuk menggerakan konveyor sortir sesuai dengan program yang telah tentukan pada PLC. Penggunaan PLC sendiri sebagai pengendali konveyor pada sistem ini karena memiliki banyak masukan dan keluaran yang bisa digunakan, sehingga dapat mengendalikan banyak sistem hanya dengan satu pengontrol. Perancangan program pada sistem ini menggunakan software Cx-Programmer 3.0. Dari sistem ini jika ketinggian barang yang terbaca berbeda konveyor yang bergerak juga berbeda sesuai dengan sensor yang membaca masukan. Setiap dua kali pensortiran pada setiap konveyor yang berbeda maka akan menyalakan indikator lampu. Kata kunci : Konveyor Pensortiran, Cx-Programmer, PLC Omron CPM2A

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Q Science > QC Physics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Diploma in Instrumentasi and Electronics
Faculty of Science and Mathematics > Department of Physics
ID Code:44443
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Nov 2014 08:53
Last Modified:20 Nov 2014 08:53

Repository Staff Only: item control page