TINJAUAN PENERAPAN STANDAR PELAYANAN DI BIDANG KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP R.S.U. KABUPATEN TEMANGGUNG SEBAGAI RUMAH SAKIT YANG SUDAH DIAKTEDITASI (STUDI KUALITATIF)

NUNGKAT, ROSALINA (1996) TINJAUAN PENERAPAN STANDAR PELAYANAN DI BIDANG KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP R.S.U. KABUPATEN TEMANGGUNG SEBAGAI RUMAH SAKIT YANG SUDAH DIAKTEDITASI (STUDI KUALITATIF). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
25Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Rumah Sakit Umum Temanggung merupakan salah saatu Rumah Sakit yang terpilih sebagai Pilot Projek program akteditasi yang dilakukan oleh Komite Gabungan Akreditasi Rumah Sakit (KGARS). Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran dan informasi mengenai pengetahuan, sikap dan kemampuan perawat pelaksana terhadap penerapan Standar Asuhan Keperawatan di Rumah Sakit Umum Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan kualitatif dimana pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada perawat pelaksana dan perawat kepala ruang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 16 orang yang diambil dari 4 bangsal perawatan (bedah, anak, penyakit dalam dan obgyn) tiap bangsal diwakili oleh 1 kepala ruang, 1 perawat pelaksana senior dan 2 perawat pelaksana yunior. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pengetahuan, sikap dan kemampuan perawat pelaksana dalam penerapan standar asuhan keperawatan di Rumah Sakit Umum Kabupaten Temanggung cukup baik, demikian pulan halnya dengan kemampuan memimpin dan peranan kepala bangsal dalam rangka penerapan standar asuhan keperawatan juga cukup baik. Hambatan yang diraakan oleh sebagian besar responden dalam penerapan standar asuhan Keperawatan ini adalah Standar Asuhan Keperawatan lebih mengutamakan kegiatan administrasi daripada pekerjaan praktik keperawatan, pada kenyataannya bahwa kegiatan pelayanan keperawatan lebih mengutamakan praktik dari pada administrasi. Mengingat penerapan standar asuhan pelayanan Rumah Sakit dan akreditasi ini merupakan suatu program yang baru dilakukan di Indonesia, maka perlu diadakan kerjasama dan berbagai pengalaman antar Rumah Sakit dalam hal penerapan standar tersebut, sehinga pelayanan yang bermutu sesuai keinginan masyarakat dapat dilaksanakan. Kata Kunci: STANDAR PELAYANAN DI RUMAH SAKIT

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:4443
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:19 Jan 2010 14:24
Last Modified:19 Jan 2010 14:24

Repository Staff Only: item control page