PELAKSANAAN DAN TANG.GUNG JAWAB BIRO IKLAN TERHADAP UPAYA PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA PT. TRITUNGGAL MITRA SEJATI DI KOTA SEMARANG PENULISAN HUKUM

SANDI, EMMA (2012) PELAKSANAAN DAN TANG.GUNG JAWAB BIRO IKLAN TERHADAP UPAYA PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA PT. TRITUNGGAL MITRA SEJATI DI KOTA SEMARANG PENULISAN HUKUM. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]Microsoft Word
27Kb

Abstract

Salah satu segi dari pembangunan ekonomi adalah meningkatkan produksi barang-barang dan jasa dalam masyarakat, sehingga harus diupayakan pemasarannya. Usaha pengembangan pasar dan produk yang baru akan sangat dibantu oleh kegiatan periklanan yang merupakan salah satu usaha promosi yang efektif. Obyek utama yang berhubungan dengan iklan diantaranya : pengiklan, biro iklan, media dan masyarakat. Iklan sebagai promosi dapat menimbulkan akibat sampingan dalam bentuk yang merugikan terhadap konsumen. Tujuan dari penulisan hukum adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai tanggung-jawab biro iklan terhadap upaya perlindungan konsumen dan upaya perlindungan hukum yang diberikan kepada konsumen. Penelitian dalam tulisan ini menggunakan metode yuridis empiris, spesifikasi penelitian bersifat deskriptif analitis, pengumpulan data melalui data primer dan data sekunder, metode analisis yang digunakan bersifat kualitatif dan penyajian datanya dalam bentuk laporan tertulis secara ilmiah dengan mengamati tanggung jawab biro iklan terhadap upaya perlindungan konsumen. Dari hasil penelitian yang diketahui bahwa ada duamasalah tanggung jawab yang muncul yaitu dalam hal informasi produk yang disajikan melalui iklan tidak sesuai dengan kenyataan dan menyangkut kreatifitas biro iklan atau media iklan periklanan ternyata bertentangan dengan peraturan perundang-undangan. Upaya perlindungan yang diberikan kepada konsumen yaitu pemerintah mengadakan pengawasan terhadap iklan. Bentuk pengawasan itu adalah pengawasan oleh pemerintah pusat, pengawasan oleh pemerintah daerah, dan pengawasan oleh unsur-unsur periklanan dalam hal ini Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI). Simpulan dari penulisan ini antara lain bahwa aturan hukum yang harus ditaati oleh pelaku usaha periklanan adalah yang diatur dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan iklan dapat membawa akibat yang positif dan negatif bagi konsumen..

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:44385
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Nov 2014 08:27
Last Modified:18 Nov 2014 08:27

Repository Staff Only: item control page