PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM KENDALI SOLENOID PADA PROSES PEMISAHAN OTOMATIS MINYAK DAN AIR MENGGUNAKAN PROGRAMMABLE LOGIC CONTROL (PLC)

Pujiastuti, Lulu and Adi, Kusworo (2014) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM KENDALI SOLENOID PADA PROSES PEMISAHAN OTOMATIS MINYAK DAN AIR MENGGUNAKAN PROGRAMMABLE LOGIC CONTROL (PLC). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
171Kb

Abstract

Pada penelitian ini dilakukan rancang bangun sebuah sistem Programmable Logic Control (PLC) untuk aplikasi sistem pemisahan minyak dan air secara otomatis. Secara umum sistem pemisahan minyak dan air ini dilakukan berdasarkan perbedaan masa jenis dan seluruh sistem yang ada pada alat pemisahan minyak dan air diintegrasikan dengan perangkat kendali PLC. Sistem ini terdiri dari 3 (tiga) bagian berdasarkan fungsi dan tujuannya masing-masing, yaitu input, pengendali, dan Output. Pada sistem ini menggunakan sensor level sebagai parameter kontrol yang terbuat dari lempengan PCB yang berfungsi mendeteksi air dengan kondisi level 1, level 2, dan level 3 yang diletakkan pada tangki. Output dari sistem ini berupa solenoid yang digunakan untuk membuka/menutup aliran air secara otomatis. Sistem kendali yang digunakan adalah PLC Omron dengan tipe CPM2A dengan program ladder diagram yang dirancang dengan aplikasi komputer Cx Programmer. Berdasarkan hasil uji penelitian, sistem dapat bekerja sesuai dengan deskripsi kerja yang ditetapkan. Diharapkan perancangan simulator PLC ini mampu memberikan kemudahan dalam mempelajari sistem otomasi industri berbasis PLC. Kata kunci: PLC (Programmable Logic Control), Cx Programmer, Solenoid, Rancang Bangun, Pemisahan Minyak dan Air, Massa Jenis.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QC Physics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Diploma in Instrumentasi and Electronics
Faculty of Science and Mathematics > Department of Physics
ID Code:44378
Deposited By:Mr Instrumentasi MIPA
Deposited On:17 Nov 2014 17:14
Last Modified:17 Nov 2014 17:14

Repository Staff Only: item control page