PEMBUATAN ES KRIM PROBIOTIK DARI BUAH BIT( Beta vulgaris L)SEBAGAI PEWARNA DAN PERISA ALAMI DENGAN ICE CREAM MAKER ( Production of Probiotic Ice Cream From Beet Root as Dyes and Natural Flavor with Ice Cream Maker)

HARDANI, SHINTIA NUGRAHINI WAHYU (2013) PEMBUATAN ES KRIM PROBIOTIK DARI BUAH BIT( Beta vulgaris L)SEBAGAI PEWARNA DAN PERISA ALAMI DENGAN ICE CREAM MAKER ( Production of Probiotic Ice Cream From Beet Root as Dyes and Natural Flavor with Ice Cream Maker). Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF (Cover) - Published Version
11Kb
[img]
Preview
PDF (Intisari) - Published Version
28Kb
[img]
Preview
PDF (Kata Pengantar) - Published Version
27Kb
[img]
Preview
PDF (Daftar Isi) - Published Version
36Kb
[img]
Preview
PDF (BAB I) - Published Version
30Kb
[img]
Preview
PDF (BAB II) - Published Version
97Kb
[img]
Preview
PDF (BAB III) - Published Version
28Kb
[img]PDF (BAB IV) - Published Version
Restricted to Repository staff only

146Kb
[img]PDF (BAB V) - Published Version
Restricted to Repository staff only

97Kb
[img]PDF (BAB VI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

125Kb
[img]
Preview
PDF (BAB VII) - Published Version
28Kb
[img]
Preview
PDF (Daf Pustaka) - Published Version
35Kb

Abstract

Bit adalahsejenistanamanberumbi. Bentuknyamenyerupaiubiungu.Dahulubuahinidimanfaatkandalambentukacarataupunsebagaisalahsatukomponen salad.Kinibuah bit jugadapatdiolahmenjadibahanpembuataneskrimuntukmemudahkankonsumsinya. Kandungannutrisi bit baikuntukkesehatan sangatlah tinggi, karbohidratnyacukuptingginamunrendahkalori. Warnaungunya yang khasmenandakantingginyakandungan beta karotendanbersifatantioksidantinggi. Untuk meningkatkan tingkat konsumsi konsumen terhadap pangan yang mengandung bakteri probiotik, diversifikasi terhadap produk ini perlu terus dikembangkan. Berbagai produk yang mengandung bakteri probiotik telah dikembangkan, antara lain es krim, yoghurt, yakult, susu acidophilus, dan kefir. Es krim merupakan salah satu produk makanan yang paling populer dan disukai masyarakat. Di antara produk-produk olahan susu yang dibekukan, es krim merupakan produk yang diproduksi dan dikonsumsi dalam jumlah yang besar. Selain memiliki rasa yang lezat, es krim juga memiliki kandungan nilai gizi yang cukup baik karena menggunakan susu sebagai bahan baku utamanya. Hard Ice Cream Machineadalahmesin yang bisaandagunakanuntukmembuateskrimhard.Jeniseskrim yang dihasilkanHard Ice Cream Machine sangatcocokuntukrumahmakan, warung, restoran, hotel, dll.DalampenggunaanMesinEsPuter atau Hard Ice Cream Machine isiadonanjangansampaipenuh di silindercukup 3/4 bagian, karenaesakanmengembangseiringdenganterbentuknyaeskrim. Pembuatanes krim probiotik dari susu fermentasi dan buah bitdenganmenggunakanice cream maker,Pengunaanwaktu 40 (menit) menghasilkaneskrimprobiotikdaribuah bit denganoverrun 23,63 %, dayaleleh 17,40 menit, total padatan29,40 %. Sehingga dihasilkan es krim dengan kualitas tekstur yang baik, warna yang menarik bagi panelis yaitu warna merah yang didapatkan dari pewarna alami buah bit,aroma susu fermentasi dab buah bit yang segar, rasa yang sedikit asam dan buah bit sebagai perisa.Dimana waktu homogenisasi di jaga 20 menit, dan suhu aging yang dijaga 4 0C selama 24 jam

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:44371
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Nov 2014 12:38
Last Modified:17 Nov 2014 12:44

Repository Staff Only: item control page