PENGARUH TEKNIK PEMOTONGAN BAHAN BAKU DALAM PEMBUATAN MINYAK NILAM(Patchouli Oil)DENGAN METODE DISTILASI VAKUM (Effect ofMaterialsCuttingTechniques in ProductionofPatchouli Oil withVacuumDistillationMethods)

PAMUNGKAS, KRISTIYONO (2013) PENGARUH TEKNIK PEMOTONGAN BAHAN BAKU DALAM PEMBUATAN MINYAK NILAM(Patchouli Oil)DENGAN METODE DISTILASI VAKUM (Effect ofMaterialsCuttingTechniques in ProductionofPatchouli Oil withVacuumDistillationMethods). Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF (Cover) - Published Version
28Kb
[img]
Preview
PDF (Intisari Daf Isi) - Published Version
50Kb
[img]
Preview
PDF (BAB I) - Published Version
14Kb
[img]
Preview
PDF (BAB II) - Published Version
85Kb
[img]PDF (BAB V) - Published Version
Restricted to Repository staff only

110Kb
[img]
Preview
PDF (BAB III) - Published Version
27Kb
[img]PDF (BAB IV) - Published Version
Restricted to Repository staff only

48Kb
[img]PDF (BAB VI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

669Kb
[img]
Preview
PDF (BAB VII) - Published Version
30Kb
[img]
Preview
PDF (DAF PUSTAKA) - Published Version
29Kb

Abstract

Nilammerupakansalahsatujenistanaman yang menghasilkanminyakatsiri.Tanamannilambukanlahtanamanasliindonesia. Terdapatkuranglebih 80 jenistanamannilam yang tersebar di Asia Selatan, Asia tenggara, China danJepangsertasatuvarietas di Australia. Di Indonesia, Tanamannilammerupakantanaman yang budidayanyatersebar di berbagaiwilayahyaitu di Aceh (seluruhwilayah), Sumatera (Nias, Tapanuli, danDairi), Bengkulu (daerahtransmigranKuroTidur), Lampung, Sumatera Barat, Jawa Barat (Garut, Tasikmalaya, danMajalengka), Jawa Tengah (Purwokerto, Pemalang, Banjarnegara) dan di beberapadaerahlainnya (Rajagukguk, 2009). Minyak nilammerupakanminyakatsiriyang dihasilkan pada tumbuhan nilam, minyak ini digunakan sebagai bahan baku pengikat (fiksatif) dari komponen kandungan utamanya, yaitu patchouli alcohol (C15H26O) sebagai bahan pengendali penerbang (eteris) dalam industri parfum, sabun, dan tonik rambut, minyak ini juga digunakan dalam pembuatan sabun dan kosmetik agar aroma keharumannya bertahan lebih lama.. Minyak nilam menciptakan bau yang khas dalam suatu campuran, karena bau minyak nilam yang enak dan wangi (Ketaren, 1985). Minyak nilam berwarna kuning jernih dan berbau khas, mengandung senyawa patchouli alcohol yang merupakan penyusun utama dalam minyak nilam, dan kadarnya mencapai 50-60%. Salah satucarauntukmendapatkanminyakatsirinilamadalahdengancaradistilasi. Distilasi yang digunakanpadapenelitianiniadalahdenganmetodedistilasivakum.Distilasivakummerupakan proses pemisahanduakompenen yang titikdidihnyasangattinggi, dimanaprosesnyaberlangsungpadatekanan di bawahkondisi normal (di bawah 1 atm), dengantujuanuntukmenurunkantitikdidihdarikomponen-komponen yang akandipisahkan, sehinggadapatmeminimalisasikerusakankomponen yang mudahrusakkarenasuhu yang tinggi. Pembuatanminyaknilammenggunakanmetodedistilasivakumdenganvariabeltekananpada 26cmHg, bahanbaku 2 kg, danpemotonganbahanbakusecaramelintangselama 7 jam penyulinganmenghasilkanminyaknilamdengankualitasterbaik yang mendekatisyaratbakumutuminyaknilammenurutSNI 06-2385-2006denganjumlahrendemensebesar 1,71 % ; minyaknilamberwarnakuning ; beratjenis 0,952 ; indeks bias 1,502 ; bilanganasam 2,52 ; bilangan ester 3,5 ; kelarutandalamalkohol 1:9 ; dankandungan patchouli alcohol 29,71 %.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:44369
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Nov 2014 12:24
Last Modified:17 Nov 2014 12:41

Repository Staff Only: item control page