EVALUASI HUMAN MACHINE INTERFACE MENGGUNAKAN KRITERIA USABILITY PADA SISTEM E-LEARNING PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus STIMIK AKBA Makassar)

Qashlim, Akhmad (2014) EVALUASI HUMAN MACHINE INTERFACE MENGGUNAKAN KRITERIA USABILITY PADA SISTEM E-LEARNING PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus STIMIK AKBA Makassar). Masters thesis, Magister Sistem Informasi.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2873Kb

Abstract

Integrasi Human machine interface (HMI) dengan kriteria usability dalam proses desain antarmuka pengguna merupakan standar keberhasilan pada sebuah website. Proses desain dilakukan melalui pendekatan terhadap pengguna akhir untuk menemukan solusi persoalan fenomena interaksi manusia dan komputer. Hal ini juga dapat menghasilkan tingkat kepuasan yang maksimal dan kesuksesan implementasi website. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi HMI menggunakan kriteria usability untuk mengetahui penerapan konsep HMI pada e- learning dan memberikan usulan perbaikan HMI. Data kuesioner diolah menggunakan analisis deskriptif dan metode Confirmatory Factor Analysis (CFA) untuk mengetahui variabel yang paling lemah dan indikator mana yang mempunyai peran penting dalam membentuk variabel penelitian. Hasil evaluasi menunjukkan penerapan aspek HMI pada e-learning telah dilakukan namum belum maksimal. Dari hasil analisa data diperoleh bahwa masalah utama terdapat pada kriteria accessibility sementara itu indikator pembentuk dari variabel laten error prevention, memorability, learnability, visibility dan accessibility menunjukkan nilai loading faktor berpengaruh secara signifikan dalam membentuk variabel-variabel laten kriteria pada first-order CFA. Hasil akhir penelitian ini adalah usulan perbaikan sebagai solusi HMI berupa prinsip dan teknis desain antarmuka. Solusi ini difokuskan pada pengembangan standar untuk kualitas antarmuka dalam sistem e-learning dan bukan pada konten pembelajaran digital yang disajikan pada sistem e-learning. Kata kunci: Human machine interface, Usability, E-Learning, Analisis Deskriptif, Confirmatory Factor Analysis

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:T Technology > Computer engineering. Embedded system. Network. Softwares. Robotics. Multimedia
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Information System
ID Code:44308
Deposited By:Mr Eko Pujiyanto PPS
Deposited On:15 Nov 2014 14:28
Last Modified:15 Nov 2014 14:28

Repository Staff Only: item control page