HUBUNGAN BEBERAPA KARAKTERISTIK WANITA PASANGAN USIA SUBUR (PUS) PESERTA KB AKTIF DENGAN PEMILIHAN METODE KONTRASEPSI SUNTIK DI KELURAHAN KRAMAS KECAMATAN TEMBALANG TRIWULAN I TAHUN 2013

RAHAYU, IKA (2013) HUBUNGAN BEBERAPA KARAKTERISTIK WANITA PASANGAN USIA SUBUR (PUS) PESERTA KB AKTIF DENGAN PEMILIHAN METODE KONTRASEPSI SUNTIK DI KELURAHAN KRAMAS KECAMATAN TEMBALANG TRIWULAN I TAHUN 2013. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
7Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id/

Abstract

Kontrasepsi suntik merupakan jenis Metode Kontrasepsi yang paling banyak dipilih wanita PUS peserta KB aktif di kelurahan kramas. Secara umum, faktor yang berhubungan dalam pemilihan metode kontrasepsi antara lain faktor karakteristik akseptor dan pasangan, faktor metode kontrasepsi, serta faktor sarana. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan karakteristik wanita PUS yang terdiri dari umur, tingkat pendidikan, pekerjaan, paritas, dukungan suami, pengetahuan tentang KB dan alat kontrasepsi dengan pemilihan alat kontrasepsi suntik. Jenis penelitian ini explanatory research dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah semua wanita PUS peserta KB hormonal aktif sebanyak 340 akseptor, dengan simple random sampling didapat besar sampel 74 akseptor. Analisis data menggunakan uji chy square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan pengetahuan tentang KB dan alat kontrasepsi wanita P (p=0.008). Sedangkan faktor umur wanita PUS (p=1.000), tingkat pendidikan (p=1.000), pekerjaan (p=0.771), paritas(p=0.762), dukungan suami(p=1.000) tidak berhubungan dengan pemilihan metode kontrasepsi suntik di Kelurahan Kramas. Petugas lapangan KB (PLKB) sebaiknya bekerja sama dengan bidan swasta agar siap dalam membantu calon akseptor dalam memilih metode kontrasepsi yang rasional. Akseptor KB juga harus meminta saran kepada bidan dengan memperhitungkan resiko yang baik dalam memilih metode kontrasepsi serta lebih aktif mencari informasi melalui media cetak ataupun elektronik tentang Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:44302
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Nov 2014 14:11
Last Modified:15 Nov 2014 14:11

Repository Staff Only: item control page