HUBUNGAN PEMANFAATAN MEDIA INFORMASI DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL OLEH IBU DENGAN PENGETAHUAN REMAJA AWAL TENTANG PUBERTAS PADA WANITA DI SDN SUDIMARA 13 KOTA TANGERANG

NANIK, CHRISTIANA (2013) HUBUNGAN PEMANFAATAN MEDIA INFORMASI DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL OLEH IBU DENGAN PENGETAHUAN REMAJA AWAL TENTANG PUBERTAS PADA WANITA DI SDN SUDIMARA 13 KOTA TANGERANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
9Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id/

Abstract

Pubertas adalah masa peralihan dari anak-anak menuju masa dewasa yang ditandai dengan perubahan dalam struktur tubuh maupun perkembangan seksual. Penelitian Wishnuwardhani tahun 1997, di Subang dan Tangerang remaja awal wanita memiliki status hygiene genital dan menstruasi yang buruk. Kurangnya informasi dan cara memperoleh informasi yang tidak benar akan berdampak pada kesiapan remaja awal wanita dalam menghadapi pubertas. Komunikasi yang diberikan oleh Ibu kepada remaja awal wanita mempunyai peranan penting dalam memberikan informasi tentang pubertas. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan pemanfaatan media informasi dan komunikasi interpersonal oleh Ibu dengan pengetahuan remaja awal tentang pubertas pada wanita di SDN Sudimara 13 Kota Tangerang. Jenis penelitian explanatory metode survei dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah Ibu dan remaja awal wanita dengan total populasi 38 pasang (remaja awal wanita usia 11-13 tahun kelas IV-VI SD dan Ibu dari remaja awal wanita tersebut), sampel yang diambil adalah total populasi. Analisis yang digunakan adalah univariat dan bivariat dengan uji statistik fisher’s exact test dan pearson chi square. Hasil penelitian menunjukkan persentase pemanfaatan media informasi oleh Ibu tentang pubertas lebih dari tiga perempat (84,2%) dikategorikan baik, diketahui bahwa persentase komunikasi interpersonal oleh Ibu tentang pubertas setengah (50%) dikategorikan baik, dan diketahui persentase pengetahuan remaja awal tentang pubertas pada wanita lebih dari setengah (52,6%) di kategorikan baik. Dari uji statistik fisher’s exact test didapatkan tidak ada hubungan (p=0,395; 95% CI = 0,410 – 16,118) pemanfaatan media Informasi oleh Ibu dengan pengetahuan remaja awal tentang pubertas pada wanita dan dari uji statistik pearson chi square ada hubungan (p=0,048; 95% CI = 0,969 – 14,233) komunikasi interpersonal oleh Ibu dengan pengetahuan remaja awal tentang pubertas pada wanita. Untuk Ibu perlu meningkatkan frekuensi dalam memanfaatkan media informasi tentang pubertas melalui media cetak atau elektronik sehingga informasi yang diperoleh mengenai pubertas dapat diteruskan kepada remaja awal wanita. Kata Kunci : pubertas, pemanfaatan media informasi, komunikasi interpersonal Kepustakaan : 73 (1983 - 2011)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:44280
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:15 Nov 2014 13:38
Last Modified:15 Nov 2014 13:38

Repository Staff Only: item control page