PERBEDAAN PENGARUH ASUPAN KACANG TANAH (ARACHIS HYPOGAEA) REBUS DAN PANGGANG TERHADAP KADAR ASAM URAT DALAM DARAH PADA WANITA DISLIPIDEMIA

SISWANTO, FRANSISKA ANGELINA and Kusmiyati, Kusmiyati and Wirawanni, Yekti (2014) PERBEDAAN PENGARUH ASUPAN KACANG TANAH (ARACHIS HYPOGAEA) REBUS DAN PANGGANG TERHADAP KADAR ASAM URAT DALAM DARAH PADA WANITA DISLIPIDEMIA. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Undergraduate Thesis) - Published Version
104Kb

Abstract

LatarBelakang :Hiperurisemi dipengaruhi oleh keadaan dislipidemia dan asupan purin. KondisidislipidemiamengakibatkanmenurunnyaaktivitasenzimGA3PDH (Glyceraldehyde 3 phospate dehydrogenase) yang menyebabkan terjadinya diversi ribose-5-phospate menjadi PRPP (phosphoribosyl pyrophosphate). PRPP lalu ditransformasi menjadi inosine monophosphate (IMP). Dari senyawa perantara yang berasal dari adenosine monophosphate (AMP) dan guanosine monophosphate (GMP), purinic nucleotides digunakan untuk sintesis DNA dan RNA, dilanjutkan dengan inosinyang kemudian akan mengalami degradasi menjadi hipoxantin, xantindan akhirnya menjadiasam urat. Asupan purin yang berlebihan seperti kacang tanah juga dapat meningkatkan kadar asam urat darah. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaan pengaruhasupan kacang tanah rebus dan panggang pada wanita dislipidemia. Metode :Jenispenelitianadalahtrue experimentdenganrancanganpre test – post test. Subjekadalah22wanitadislipidemiadengankadarkolesterolLDL ≥130 mg/dl, HDL ≤ 40 mg/dl dan kadar asam urat normal 2,4-6,1 mg/dl. Subjek dibagi menjadi 2 kelompok dengan metode simple randomization, yang terdiri atas kelompok perlakuan pertama dan kelompok perlakuan kedua, masing-masing kelompok terdiri dari 11 subjek. Kelompok perlakuan pertama mendapatkan kacang tanah rebus sebanyak 77 gram/hari dan kelompok perlakuan kedua mendapatkan kacang tanah panggang sebanyak 77 gram/hari. Pemberian kacang tanah rebus dan panggang dilakukan selama 4 minggu. UjinormalitasmenggunakanShapiro Wilk.Analisisstatisticmenggunakanujidependent t-test dan independent t-test. Hasil :Reratakadarasam urat sebelumintervensipada kelompokrebus yaitu 3,94 mg/dl dan pada kelompok panggang 4,45mg/dl. Reratakadarasam urat setelahintervensipada kelompokrebus yaitu 4,79 mg/dl dan pada kelompok panggang 4,41mg/dl. Ada perubahan rerata kadar asam urat darah setelah diberikan kacang rebus (p=0,002). Tidak ada perubahan rerata kadar asam urat darah setelah diberikan kacang panggang (p=0,851). Kesimpulan :Ada perbedaan pengaruh konsumsi kacang tanah rebus dan panggang terhadap kadar asam urat darah pada wanita dislipidemia. Ada perubahan rerata kadar asam urat darah setelah diberikan kacang tanah rebus (p=0,002).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:uric acid, dyslipidemia, peanuts
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:44215
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:11 Nov 2014 09:03
Last Modified:11 Nov 2014 09:03

Repository Staff Only: item control page