HUBUNGAN ANTARA KERAPUHAN DENGAN DEPRESI PADA PASIEN LANJUT USIA : Studi di Bangsal Rawat Inap Geriatri RSUP Dr. Kariadi

Sari, Yan Puspita and Purwoko, Yosef and Yusuf , Innawati (2013) HUBUNGAN ANTARA KERAPUHAN DENGAN DEPRESI PADA PASIEN LANJUT USIA : Studi di Bangsal Rawat Inap Geriatri RSUP Dr. Kariadi. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
423Kb
[img]
Preview
PDF
102Kb
[img]
Preview
PDF
186Kb
[img]
Preview
PDF
93Kb
[img]
Preview
PDF
239Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

140Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

98Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

87Kb
[img]
Preview
PDF
964Kb

Abstract

Latar Belakang : Prevalensi depresi pada lansia cukup tinggi, namun belum banyak penelitian yang mengetahui penyebab dan faktor risikonya. Kerapuhan merupakan salah satu kejadian yang juga sering pada lansia. Kerapuhan menyebabkan penurunan kemampuan fisiologis lansia sehingga menjadi rentan terhadap penyakit dan terjadi disabilitas dimana hal tersebut adalah salah satu faktor risiko depresi. Depresi pada lansia dapat memperburuk kondisi kesehatan terutama lansia yang menderita penyakit kronis dan berulang. Tujuan : Tujuan penelitian ini untuk membuktikan hubungan antara kerapuhan dengan depresi pada pasien lansia serta untuk menilai besarnya risiko kerapuhan terhadap terjadinya depresi. Metode : Penelitian ini menggunakan desain Cross-Sectional dengan melibatkan 39 pasien lansia sebagai subjek penelitian. Data mengenai jenis kelamin, tingkat pendidikan, penghasilan, kerapuhan, dan depresi didapat melalui wawancara menggunakan kuesioner. Skala Kerapuhan Edmonton >5 mengindikasikan rapuh dan Skala Depresi Geriatri ≥ 5 mengindikasikan depresi. Hasil : Sebagian besar subjek adalah wanita (56,4%), rata-rata usia subjek 70 tahun, berpenghasilan rendah (82,1%), dan berpendidikan rendah (71,8%). Berdasarkan skor dari Skala Kerapuhan Edmonton dan Skala Depresi Geriatri 76% subjek menunjukkan terjadinya kerapuhan dan 46 % subjek mengalami depresi. Kerapuhan memiliki hubungan yang signifikan terhadap depresi (p=0,023). Terdapat pula korelasi positif antara Skala Kerapuhan Edmonton dengan Skala Depresi Geriatri (r=0,695;p<0,001). Kerapuhan merupakan faktor risiko depresi (RP=5,1 ; 95%IK 1,3-19,6). Kesimpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara kerapuhan dengan depresi serta kerapuhan merupakan faktor risiko terjadinya depresi pada pasien lansia. Kata kunci : Kerapuhan, depresi, skala Kerapuhan Edmonton, skala Depresi Geriatri.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:44205
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Nov 2014 11:27
Last Modified:07 Nov 2014 11:27

Repository Staff Only: item control page