PERBEDAAN KUALITAS PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PADA ANAK DENGAN DEMAM TIFOID DI KELAS III DAN NON KELAS III : (Penelitian di RSUP Dr. Kariadi Semarang pada Tahun 2011)

Soegijanto, Monica Wilma and Hapsari, MM Deah and Budijitno , Selamat (2013) PERBEDAAN KUALITAS PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PADA ANAK DENGAN DEMAM TIFOID DI KELAS III DAN NON KELAS III : (Penelitian di RSUP Dr. Kariadi Semarang pada Tahun 2011). Undergraduate thesis, Faculty of Medicine Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
334Kb
[img]
Preview
PDF
106Kb
[img]
Preview
PDF
251Kb
[img]
Preview
PDF
58Kb
[img]
Preview
PDF
219Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

134Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

134Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

48Kb
[img]
Preview
PDF
701Kb

Abstract

Latar Belakang: Demam tifoid masih merupakan masalah kesehatan yang penting di berbagai negara berkembang, terutama Indonesia. Penggunaan antibiotik yang tidak rasional dapat menyebabkan resistensi bakteri terhadap antibiotik sehingga diperlukan evaluasi perbedaan penggunaan antibiotik terutama di ruang perawatan kelas 3 dan non kelas 3 di Bagian Ilmu Kesehatan Anak. Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui rasionalitas penggunaan antibiotic secara kualitas pada demam tifoid di kelas 3 dan non kelas 3 bangsal anak RSUP Dr. Kariadi pada periode Januari – Desember 2011. Metode: Penelitian ini merupakan studi observasional klinik dengan design cross sectional. Kualitas dinilai dengan menggunakan kategori Gyssens, 2011. Uji beda menggunakan uji chi-square. Hasil: Rasionalitas penggunaan antibiotik secara kualitas pada pasien anak dengan demam tifoid pada kelas 3 bangsal anak RSUP Dr. Kariadi sebesar 43,6% dan pada non kelas 3 sebesar 8,1%. Proporsi rasionalitas penggunaan antibiotik pada kelas 3 bangsal anak RSUP Dr. Kariadi lebih tinggi dibangdingkan dengan non kelas 3. Kesimpulan: Terdapat ketidaktepatan penggunaan antibiotik terutama di non kelas 3 Bangsal Anak RSUP Dr. Kariadi. Kata Kunci: Rasionalitas penggunaan antibiotik, kualitas, kategori Gyssens.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:44199
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Nov 2014 09:16
Last Modified:07 Nov 2014 09:16

Repository Staff Only: item control page