PERBEDAAN MORTALITAS ANTARA PASIEN SEPSIS DAN SEPSIS KOMPLIKASI DISSEMINTED INTRAVASCULAR COAGULATION DI ICU RSUP Dr. KARIADI

Sari, Lucky Putri Arum and Harahap, Moh. Sofyan (2013) PERBEDAAN MORTALITAS ANTARA PASIEN SEPSIS DAN SEPSIS KOMPLIKASI DISSEMINTED INTRAVASCULAR COAGULATION DI ICU RSUP Dr. KARIADI. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
283Kb
[img]
Preview
PDF
36Kb
[img]
Preview
PDF
145Kb
[img]
Preview
PDF
21Kb
[img]
Preview
PDF
32Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

35Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

25Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

11Kb
[img]
Preview
PDF
90Kb

Abstract

Latar Belakang : Sepsis adalah salah satu kondisi medis yang berbahaya dengan angka kematian yang masih tinggi. Sepsis sering disertai beberapa komplikasi yang memperburuk prognosisnya seperti DIC (disseminated Intravascular Coagulation). DIC terjadi pada 30%-50% pasien sepsis. Di negara berkembang tingkat ini bisa diperkirakan mencapai 90%. Apabila DIC tidak segera ditangani, akan terjadi sumbatan trombus yang berlebih pada pembuluh darah sehingga kegagalan oragn tidak terhindarkan. Kegagalan organ tersebut semakin mempercepat terjadinya kematian. Tujuan : Mengetahui apakah DIC akan meningkatkan angka kematian pasien sepsis di RSUP Dr. Kariadi Metode : Desain penelitian ini adalah observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Data diambil dari catatan medic ICU RSUP Dr. Kariadi, dengan sampel berjumlah 52 pasien sepsis. Data yang diteliti adalah perbedaan mortalitas antara pasien sepsis dengan dan tanpa DIC, serta besar rasio prevalensinya. Data dideskripsikan dengan tabel dan dilakukan uji chi-square, menggunakan SPSS for Windows 17. Hasil : Didapatkan perbedaan mortalitas yang signifikan yaitu p = 0.008 (p < 0.05), nilai RP (rasio prevalensi) 1.487 yang artinya pasien sepsis dengan komplikasi DIC mempunyai kemungkinan 1,487 kali lebih besar untuk mengalami kematian. Kesimpulan : DIC merupakan salah satu factor yang memperberat sepsis. Berdasarkan penelitian ini didapatkan perbedaan yang bermakna antara mortalitas pasien sepsis dengan sepsis komplikasi DIC, dan memiliki rasio prevalensi sebesar 1.487 Kata Kunci : DIC, KID, sepsis, mortalitas.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RD Surgery
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:44037
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Oct 2014 08:03
Last Modified:17 Oct 2014 08:03

Repository Staff Only: item control page