PENGGUNAAN ALAT ICE CREAM MAKER UNTUK PEMBUATAN ES KRIM ASAM JAWA (Tamarindus indica L) DENGAN PERUBAHAN VARIABEL WAKTU (The use of ice cream maker for making ice cream tamarind (Tamarindus indica L) with the change of time variable)

NURITASARI, YENY INDRA (2013) PENGGUNAAN ALAT ICE CREAM MAKER UNTUK PEMBUATAN ES KRIM ASAM JAWA (Tamarindus indica L) DENGAN PERUBAHAN VARIABEL WAKTU (The use of ice cream maker for making ice cream tamarind (Tamarindus indica L) with the change of time variable). Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
56Kb

Abstract

Bahan baku yang digunakan pada praktikum saya adalah asam jawa yang merupakan bahan yang dapat digunakan dalam pembuatan es krim asam jawa dengan menggunakan alat ice cream maker. Es krim adalah makanan semi padat yang dibuat dengan cara pembekuan tepung es krim atau campuran dari susu, lemak hewani maupun nabati, gula dengan atau tanpa bahan makanan lain dan bahan tambahan makanan yang diizinkan. Proses pembuatan es krim meliputi penghitungan adonan, persiapan adonan, pencampuran, pasteurisasi, homogenisasi, penuaan, pembekuan, dan pengerasan. Berdasarkan praktikum yang telah dilakukan, praktikan lebih memilih kualitas dibandingkan memilih kuantitas. Pada percobaan Pembuatan es krim asam jawa hasil terbaik yaitu pada variabel 3. Dimana variabel 3 memilik daya leleh yang lama dan memiliki jumlah padatan yang tinggi pada kondisi operasi T= 4°C, t= 30 menit. Perbedaan variabel yang berupa waktu pada ice cream maker berpengaruh pada hasil praktikum. Perbedaan variabel ini berfungsi untuk dapat mengetahui kondisi operasi yang optimum untuk proses pembuatan es krim asam jawa. Faktor-faktor yang yang mempengaruhi hasil praktikum adalah suhu, waktu, dan kurang tersedianya alat pendukung untuk proses pembuatan es krim asam jawa.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:43992
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Oct 2014 14:52
Last Modified:15 Dec 2014 13:13

Repository Staff Only: item control page