UJI KERJA REAKTOR ENZIMATIS DALAM PEMBUATAN DEKSTRIN PATI JAGUNG MENGGUNAKAN ENZIM α-AMILASE (Enzymatic Reactor Performance Test in the Manufacture of Corn Starch Dextrin Using Enzyme α-Amylase )

KARTIKASARI, NUR INDAH (2013) UJI KERJA REAKTOR ENZIMATIS DALAM PEMBUATAN DEKSTRIN PATI JAGUNG MENGGUNAKAN ENZIM α-AMILASE (Enzymatic Reactor Performance Test in the Manufacture of Corn Starch Dextrin Using Enzyme α-Amylase ). Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
117Kb

Abstract

Dekstrin merupakan salah satu produk hasil hidrolisis pati berwarna putih hingga kuning, hidrolisis pati dapat dilakukan oleh asam atau enzim. Pati akan mengalami proses pemutusan rantai oleh enzim atau asam selama pemanasan menjadi molekul-molekul yang lebih kecil. Syarat bahan yang dapat dihidrolisis menjadi dekstrin adalah bahan yang memiliki kadar pati tinggi, sehingga dapat menghasilkan kadar dekstrin yang tinggi pula. Dalam percobaan ini digunakan bahan baku berupa pati jagung (maizena) dengan kadar pati ±70%, sedangkan variabel berubah yang digunakan adalah konsentrasi enzim dan suhu hidrolisis. Dimana konsentrasi enzim yang digunakan sebesar 0,05% volume dan 0,07% volume sedangkan suhu hidrolisis sebesar 80°C dan 90°C. Dalam pembuatan dekstrin tersebut digunakan reaktor enzimatis berpengaduk dengan kontrol suhu, pH, kecepatan putaran pengadukan serta kontrol waktu. Dari hasil percobaan didapat nilai optimum kadar dekstrin yang dihasilkan terdapat pada variabel IV yaitu pada konsentrasi enzim 0,07% dan suhu hidrolisis 90°C. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi percobaan antara lain suhu hidrolisis, konsentrasi enzim, pH larutan, kecepatan pengadukan serta waktu hidrolisis.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
ID Code:43989
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Oct 2014 14:43
Last Modified:14 Oct 2014 14:43

Repository Staff Only: item control page