PENGARUH WAKTU PADA PEMBUATAN ICE CREAM KACANG MERAH DENGAN SUSU KEDELAI MENGGUNAKAN ICE CREAM MAKER (Effect of time in making of red peanut ice cream with soybean milk by using icream maker)

PURNAMAWATI, NELA SELVIA ANGGUN (2013) PENGARUH WAKTU PADA PEMBUATAN ICE CREAM KACANG MERAH DENGAN SUSU KEDELAI MENGGUNAKAN ICE CREAM MAKER (Effect of time in making of red peanut ice cream with soybean milk by using icream maker). Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
41Kb

Abstract

Pada praktikum pembuatan es cream ini saya menggunakan bahan baku kacang merah dengan susu kedelai. Pada pembuatan es krim biasanya menggunakan susu yang berasal dari protein hewani seperti susu sapi. Namun dikarenakan ada beberapa orang yang mempunyai alergi terhadap protein hewani dan tetap ingin dapat meminum es cream, jadi protein hewani yang terkandung dalam susu sapi dapat digantikan dengan susu kedelai. Kandungan protein dalam susu kedelai juga hampir sama dengan susu sapi, jadi bagi penderita alergi protein hewani tetap bisa meminum es krim. Kacang merah juga mengandung asam folat, kalsium, karbonat kompleks, serat, dan protein pada kacang merah tergolong tinggi. Kacang merah tergolong makanan nabati kelompok kacang polong (legume); satu keluarga dengan kacang hijau, kacang kedelai, kacang tolo, dan kacang uci. Pada pembuatan es krim ini dihasilkan hasil terbaik yaitu es krim dengan variabel ke 3 karena pada variabel ke 3 ini mempunyai tingkat kehomogenan sangat tinggi dengan tingkat kelelehan sangat lama yaitu 8 menit, overrun 14,89%, total padatan 10,5%. Uji organoleptik yang didapatkan yaitu es krim berwarna merah kecoklatan, rasa kacang merah, teksturnya cukup halus dan aromanya kacang merah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:43976
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Oct 2014 12:01
Last Modified:15 Dec 2014 13:15

Repository Staff Only: item control page