PENGARUH KONSENTRASI ENZIM α-AMILASE DAN WAKTU PADA PEMBUATAN DEKSTRIN PATI JAGUNG DALAM UJI KERJA REAKTOR ENZIMATIS (Effect of Enzyme α-Amylase Concentration and Time of Making the Corn Starch for Enzymatic Reactor Performance Test)

PRABOWO, ILHAM JABBAR (2013) PENGARUH KONSENTRASI ENZIM α-AMILASE DAN WAKTU PADA PEMBUATAN DEKSTRIN PATI JAGUNG DALAM UJI KERJA REAKTOR ENZIMATIS (Effect of Enzyme α-Amylase Concentration and Time of Making the Corn Starch for Enzymatic Reactor Performance Test). Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
118Kb

Abstract

Dekstrinmerupakansuatuprodukhidrolisisparsialdaripatiberbentuktepunghalus, berwarnakuningsampaiagakkekuningan.Jagung (Zea Mays) atauseringdisebutdengantepungmaizenamerupakansalahsatutepung yang dapatdijadikandekstrinkarenakandunganpati yang cukupbesar. Komponenutamajagungadalahpatisekitar 70% daribobotbiji.Komponenkarbohidratlainadalahgulasederhana (1-3%) yaituglukosa, sukrosadanfruktosa.Dari besarnya kadar pati yang terdapat dalam tepung jagung tadi, maka dapat diambil suatu analisa bahwa tepung jagung dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan dekstrin. Amilase adalah enzim yang dapat mengubah pati menjadi gula.Enzim ini dapat dihasilkan di dalam tubuh manusia, yaitu pada kelenjar ludah dan pankreas. Proses pembuatandekstrindaritepungjagungmenggunakan proses hidrolisispatidenganbantuanenzim α-amilase. Hidrolisispatiterjadiantarsuatureaktanpatidenganreaktan air.Reaksihidrolisispatibertujuanuntukmemotongsuatuikatanpolimersakaridadalampatidenganbantuansuatusenyawatertentusebagaikatalis, dalamhaliniadalahenzim α-amilase. Proses pembuatandekstrintepungjagungbahanbakuberupatepungjagung/maizena 200 gram denganwaktuhidrolisa 45 menit. Padasuhuhidrolisis 80ºC dengankonsentrasienzim 0,05% volume didapatkan DE 1,47 danpada 0,07% volume didapatkan 3.33.Pada suhuhidrolisis 90ºC dengankonsentrasi 0,05% dan 0,07% didapatkan DE 2,5 dan 3,57. Semakinbesarkonsentrasienzimsemakintingginilai DE.Faktor yang mempengaruhi proses hidrolisisadalahsuhuhidrolisis, konsentrasienzim, phlarutan, kecepatanpenadukandanwaktuhidrolisis.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:43966
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Oct 2014 11:14
Last Modified:15 Dec 2014 13:11

Repository Staff Only: item control page