PEMBUATAN ES KRIM SIRSAK (Annona muricata L.) dan ANALISA EKONOMI PRODUKNYA Making Soursop (Annona muricata L.) Ice Cream and Product Economy Analysis

PRAYOGO, BAGAS DWI (2013) PEMBUATAN ES KRIM SIRSAK (Annona muricata L.) dan ANALISA EKONOMI PRODUKNYA Making Soursop (Annona muricata L.) Ice Cream and Product Economy Analysis. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
57Kb

Abstract

Es krim yaitu sejenis makanan semi padat yang dibuat dengan cara pembekuan tepung es krim atau dari campuran susu, lemak hewani maupun nabati, gula, dengan atau tanpa bahan makanan lain dan bahan makanan yang diizinkan oleh Departemen Perindustrian dan dikemas dalam plastik atau karton khusus. Bahan–bahan yang diperlukan dalam pembuatan es krim sirsak antara lain: buah sirsak, susu krim, susu skim, gula, telur, agar/jelly dan tepung maizena. Alat-alat yang diperlukan dalam pembuatan es krim sirsak antara lain: kompor, beaker glass, pengaduk, panci, loyang, neraca, penyaring, thermometer, stop watch, pisau, blender, homogenizer, ice cream maker dan freezer. Hasil percobaan yang telah dilakukan, menunjukan bahwa semakin tinggi putaran (rpm) homogenisasi maka hasil overrun semakin besar dan kecepatan pelelehan akan semakin tinggi sehingga es krim akan semakin lama meleleh. Es krim yang baik memiliki nilai overrun yang tinggi dan waktu pelelehannya lama sehingga es krim tidak cepat mencair. Data hasil percobaan terhadap nilai overrun dan kecepatan leleh, es krim sirsak dengan penggunaan variabel kecepatan homogenisasi 8.000 rpm menunjukkan mutu es krim yang baik dibandingkan dengan variabel lainnya yaitu dengan nilai rata-rata overrun 32% dan waktu lelehnya 16,75 menit. Uji organoleptik es krim sirsak yang banyak disukai oleh panelis yaitu es krim sirsak dengan penggunaan variabel ke-2 pada kecepatan putar homogenisasi 7.000 rpm. Warna yang dihasilkan lebih menarik daripada dengan perbandingan yang lainnya yaitu putih kecoklatan cerah, aroma dan rasanya terasa buah sirsak segar, serta teksturnya yang lembut.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:43962
Deposited By:Mrs Pudja D3 Teknik Kimia
Deposited On:14 Oct 2014 10:56
Last Modified:15 Dec 2014 13:05

Repository Staff Only: item control page