Studi Eksperimental efektifitas Pemberian Tegangan Awal pada Dinding Batako Tanpa Plester tanpa Perekat (BTPTP) dalam Menerima Beban

Iman , Firmansyah and Patrick , Matheus (2014) Studi Eksperimental efektifitas Pemberian Tegangan Awal pada Dinding Batako Tanpa Plester tanpa Perekat (BTPTP) dalam Menerima Beban. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
50Kb

Abstract

Sebelum berkembangnya struktur rangka (menggunakan balok dan kolom), struktur dinding pemikul beban dengan beban-beban yang akan bekerja pada struktur bangunan dilimpahkan pada dinding umum digunakan dalam masyarakat. Salah satu bentuk struktur dinding pemikul beban yang lazim digunakan adalah susunan dinding batako. Batako adalah bata yang dibuat dengan mencetak dan memelihara dalam suasana lembab, campuran tras, kapur dan air dengan atau tanpa bahan tambahan lainnya. Salah satu teknologi batako yang telah dikembangkan adalah penggunaan Batako Tanpa Plester dan Tanpa Perekat (BTPTP). Susunan dinding batako memiliki kemampuan yang baik dalam menahan gaya aksial namun lemah dalam menahan gaya lateral. Salah satu solusi yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan susunan dinding batako dalam menahan gaya lateral adalah pemberian gaya prategang awal (prestressed) melalui pengencangan tulangan (melalui pengencangan baut). Prediksi kegagalan dari susunan dinding batako menjadi fokus masalah dalam penelitian ini. Pengujian eksperimental di laboratorium, dilakukan untuk melihat bentuk kerusakan yang terjadi pada dinding batako BTPTP dalam menerima beban (aksial dan aksial-lateral). Abaqus (Simulia 6.10.1) Explicit digunakan sebagai validasi dalam memprediksi bentuk kegagalan yang terjadi pada susunan dinding BTPTP yang menerima beban Kata Kunci : Batako tanpa pleseter tanpa perekat, gaya aksial, gaya lateral, gaya prategang (prestressed)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:43873
Deposited By:Mr. Adi Widayat
Deposited On:08 Oct 2014 08:45
Last Modified:08 Oct 2014 08:45

Repository Staff Only: item control page