ANALISIS ANTRIAN ANGKUTAN BARANG PADA JEMBATAN TIMBANG DENGAN METODE SIMULASI MULTIPLE CHANNEL ( STUDI KASUS PADA JEMBATAN TIMBANG SARANG )

Muhammad , Arsyad Sulistiono and Nicolas , Ananto S.W (2014) ANALISIS ANTRIAN ANGKUTAN BARANG PADA JEMBATAN TIMBANG DENGAN METODE SIMULASI MULTIPLE CHANNEL ( STUDI KASUS PADA JEMBATAN TIMBANG SARANG ). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
9Kb

Abstract

Jembatan Timbang Sarang merupakan salah satu jembatan timbang yang ramai melayani kendaraan angkutan barang di provinsi Jawa Tengah. Dengan banyaknya jumlah kendaraan yang harus dilayani akan menimbulkan potensi antrian pada jembatan timbang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola antrian yang terjadi pada jembatan timbang dan untuk memberikan suatu rekomendasi sistem antrian yang sesuai untuk diterapakan pada Jembatan Timbang Sarang, sehingga dapat meningkatkan kinerja dari jembatan timbang tersebut.Metode yang digunakan untuk menganalisa antrian pada penelitian ini adalah metode simulasi. Metode ini digunakan karena banyaknya variabel yang terdapat pada sistem antrian Jembatan Timbang Sarang sehingga akan sangat sulit bila menggunakan metode analisa matematis. Simulasi dimulai dengan melakukan survai data dilapangan. Data tersebut digunakan untuk melakukan simulasi yang hasilnya kemudian diuji kesesuaiannya dengan distribusi poisson. Dengan hasil simulasi tersebut selanjutnya dapat dibuat suatu model antrian yang lebih baik. Berdasarkan hasil analisa yang kami lakukan, diperlukan sistem antrian yang lebih baik serta perlu dilakukan peningkatan sumber daya manusia dan infrastruktur agar pelayanan Jembatan Timbang Sarang lebih baik lagi. Kata Kunci : Jembatan Timbang, Analisa Antrian, Simulasi, Kinerja

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:43864
Deposited By:Mr. Adi Widayat
Deposited On:08 Oct 2014 08:17
Last Modified:08 Oct 2014 08:17

Repository Staff Only: item control page